rustic-living-2

Rooang.com | Dekorasi tidak selalu identik dengan yang mahal-mahal. Jika Anda menginginkan ruang tamu yang nyaman dan stylish, cobalah beberapa tips berikut ini.

dekorasi dinding, sofa, jendela, dan lantai

1. Tata ulang susunan furnitur menghadap ke jendela

Langkah yang paling mudah adalah dengan menata ulang furnitur. Buat susunannya terkesan lebih lebar dan lega. Apabila terdapat jendela besar di salah satu sisi, usahakan sofa tidak membelakangi jendela tersebut. Justru dengan menata sofa menghadap ke jendela, pandangan akan lebih luas.  Cara dekorasi ini tidak membutuhkan biaya selain biaya cemilan pengganti energi.

korden 3

2. Window treatment

Gantilah korden di ruang tamu dengan corak yang lebih elegan dan nyaman dipandang. Kain linen, katun, atau kain lainnya, pilih yang tidak membosankan dengan warna bold yang lebih berani, misalnya corak stripped putih-biru tua. Tidak perlu menggunakan model tertentu seperi roman atau wooden blind, cukup gunakan korden kain. Lebih timeless dan mudah dirawat. Tidak perlu jenis yang blackout, karena ruang tamu tidak memerlukan banyak privasi. Gunakan kain yang semi blackout atau vitrage. Harga penggantian kain korden sekitar Rp 100.000/m.

dekorasi lantai, sofa, dinding, rak

3. Sofa

Jangan biarkan sofa ruang tamu tampak pucat dan tidak bersemangat. Gantilah sarung bantal yang ada dengan aneka motif, misalnya motif tenun ikat yang minimalis, chevron, polos, dan floral. Motif lattice dan trellis ada yang sedang trendi akhir-akhir ini. Hindari menggunakan 1 motif saja untuk semua bantal karena akan terlihat tua dan kaku. Anda bisa gunakan sarung bantal yang sudah ada, dengan catatan coraknya harus match satu sama lain. Jika ingin beli yang baru, harga sarung bantal sofa sekitar Rp 150.000/5pcs. Atau bisa juga dengan membeli 1 set bantal yang baru. Harganya mulai Rp 200.000/5pcs dengan berbagai varian yang Anda suka.

dekorasi lantai dan dinding

4. Dekorasi dinding

Jangan membiarkan dinding ruang tamu kosong dan membosankan. Di ruang tamu, Anda bisa menunjukkan beberapa karya seni dan foto perjalanan indah keluarga. Letakkan beberapa aksesoris seperti cermin, jam dinding, rak untuk berbagai pajangan, stiker dinding, atau tipografi monogram yang saat ini sedang ngetren. Sesuaikan warna dengan teman, dan jumlah aksesoris dengan proporsi yang seimbang. Biaya untuk aksesoris ini bervariasi, mulai dari Rp 70.000 untuk stiker dinding sampai ratusan ribu untuk aksesoris seperti cermin, jam dinding, dan rak.

ruang tamu etnik indonesia

5.  Lantai

Untuk ruang tamu yang kecil dan sempit, Anda boleh membiarkan lantai telanjang tanpa polesan. Tapi bila ruang tamu cukup luas, berikan selembar karpet atau tikar cantik untuk menambah kenyamanan. Tikar anyaman warna krem cerah sampai coklat tua dengan pinggiran dengan banyak pilihan warna bisa dijadikan alternatif. Harganya berkisar mulai Rp 400.000 untuk ukuran 2m X 3m atau berukuran 3m X 5m, tergantung jenis bahan dan kualitasnya. Atau bisa juga memilih beberapa jenis karpet simpel minimalis yang tersedia dalam beragam varian model dan corak sesuai kebutuhan Anda. Harganya mulai Rp 700.000.

 

6. Cat dinding

Dinding merupakan bagian yang paling luas dalam ruangan. Pertama, ganti warna dinding Anda dengan mengecat ulang. Tidak perlu semua sisi, pengecatan bisa dilakukan hanya pada 1 sisi sebagai warna aksen. Padukan warna krem yang membosankan dengan warna blue navy atau soft peach orange. Redekorasi dengan cat dinding ini bisa dibilang sangat murah karena dengan biaya hanya sekitar Rp 90.000 Anda bisa mengganti suasana ruangan. Pemilihan warna dinding juga bisa membuat ruangan menjadi lebih terang atau gelap, tanpa Anda perlu mengganti lampu.

pot tanaman 3

7. Pot tanaman dari barang bekas

Jika Anda memiliki kaleng bekas sisa biskuit, permen, selai, atau makanan kaleng lainnya, gunakanlah untuk menanam beberapa tanaman hias, seperti kaktus, dan beberapa jenis tanaman sedum atau sukulen lainnya yang mudah dirawat. Anda juga bisa menanam beberapa sayur dan bumbu dapur, seperti kol, sawi, bawang, dan rempah-rempah. Memang tanaman tersebut tidak berbunga, tapi akan tetap terlihat menyegarkan ruangan. Dekorasi dengan tanaman ini tidak membutuhkan banyak biaya karena Anda bisa menggunakan kaleng bekas atau perabotan lain seperti teko bekas sebagai pengganti pot. Pot ini diletakkan berjajar di rak pada dinding yang menghadap jendela atau di dinding tepi jendela agar lebih mudah mendapatkan cahaya.

 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!