Reading Time: 3 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
linoleum

Rooang.com | Di tengah meningkatnya kebutuhan masyarakat akan hunian yang nyaman, ada banyak sekali penawaran produk unggulan yang bisa dipilih. Termasuk juga untuk lantai. Ada lantai marmer, porselen, batu alam, parket, sampai lantai plasteran sederhana. Tapi, di antara semua itu, ada satu solusi terbaik untuk pelapis lantai hunian Anda, linoleum.

Marmoleum-Linoleum-flooring

Sebagian sumber mengklaim linoleum sebagai pelapis lantai yang paling hemat, ramah lingkungan, praktis, dan aman. Benarkah? Coba simak ulasannya berikut.

Kelebihannya

Linoleum merupakan bahan pelapis lantai yang terbuat dari campuran minyak biji rami (linseed oil) dengan tepung kayu, serbuk gabus, dan kain berserat kuat. Dengan bahan-bahan tersebut, linoleum menjadi pelapis yang ramah lingkungan karena bisa didaur ulang dan mudah diuraikan. Pelapis lantai yang marak digunakan di Eropa dan AS ini selain mudah didaur ulang, juga tidak merusak alam karena tidak menambah penggunaan kayu. Linoleum memiliki sifat elastis, sehingga mudah pemasangannya, sangat mudah dibersihkan dan tidak mudah terbakar. Bahannya yang elastis ini ternyata juga anti rayap, sehingga lebih awet dari lantai parket yang berpori.

pemasangan linoleum

Linoleum telah banyak digunakan di berbagai negara, bahkan diandalkan untuk melapisi lantai rumah sakit. Hal ini disebabkan lapiran linoleum secara permanen memiliki sifat anti bakteri (tentunya selama lantai dalam keadaan bersih), tidak mengandung bakteri atau kuman yang membahayakan kesehatan, dan higienis.

Jenis-jenis linoleum

Secara umum ada tiga jenis linoleum, yakni marmoleum, artoleum, dan walton. Jenis tersebut sebenarnya bukan klasifikasi yang tepat, karena lebih berdasarkan merk. Marmoleum, salah satu merk yang cukup menguasai pasar linoleum dunia, menghadirkan linoleum dengan corak natural seperti kayu, marmer, dan batu alam. Sejak berdiri tahun 1860, Marmoleum telah menghasilkan banyak motif dan baru-baru ini mengeluarkan koleksi terbaru dengan motif linear, solid, dan andalannya:marmer.

Sementara itu, Artoleum yang awalnya fokus pada corak kayu, kini mulai emrambah corak batu alam dengan berbagai warna. Sedangkan Walton lebih mengandalkan tekstur seperti kulit binatang dan motif-motif modern.

linoleum untuk kamar

Cara pasang

Cara memasang linoleum hampir sama dengan wallpaper, Anda harus memastikan permukaan lantai rata, tidak bergelombang, lalu melapisi linoleum dengan lem secara merata, baru ditempelkan. Untuk membuat tampilannya lebih cantik dengan corak warna-warni, Anda bisa menatanya seperti menata ubin. Lembaran vinyl sheet linoleum dipotong terlebih dahulu sesuai keinginan, lalu direkatkan. Tentunya untuk tampilan yang cantik ini Anda perlu lebih telaten dan teliti. Tapi, hasilnya akan lebih memuaskan. Selain bentuk lembaran, tersedia juga bentuk tile yang lebih mudah dipasang menyerupai ubin. Saat ini banyak jasa pemasangan linoleum yang harganya sudah jadi satu dengan harga bahan, sama seperti wallpaper dan kaca film. Ini bisa Anda manfaatkan sebagai solusi yang lebih praktis.

memasang linoleum

warna-warni linoleum

Kelemahan

Seawet dan sebaik apapun suatu bahan, tetap memiliki sisi kelemahan. Linoleum rentan pada gesekan benda-benda tajam. Usahakan ujung kaki meja, kursi, dan perabotan lain yang langsung menyentuh lantai tidak tajam. Gesekan benda tajam membuat linoleum mudah rusak dan mengelupas. Untuk membersihkan permukaan lantai linoleum, Anda cukup mengelapnya dengan kain pel lembab, seperti Anda membersihkan lantai keramik. Jangan diberi air yang berlebihan, jangan disikat, dan jangan menggunakan zat kimia untuk membersihkannya. Maksimal, Anda boleh menggunakan cairan karbol.

Sejauh ini, harga linoleum masih cukup mahal bila dibandingkan lantai keramik biasa. Tetapi, harga sekitar RP 150.000/meter persegi sudah cukup murah bila dibandingkan dengan lantai kayu asli. Anda pun memiliki banyak kelebihan dari pelapis lantai ramah lingkungan ini. Bagaimana? Berminat mencobanya?

perpaduan marmoleum

perpaduan linoleum

linoleum untuk kamar anak

linoleum modern

Sumber:
http://www.hgtvremodels.com
http://www.bfresh-magazine.com
http://properti.kompas.com/
http://www.homelivingindonesia.com/

1 COMMENT