Tip Menata Pigura Ala Profesional

interior-living-room-cool-and-charming-white-metal-floating-living-room-shelves-for-photos-frame-store-over-white-living-chair-and-low-black-wooden-desk-in-white-living-room-decoration-tips-creative

Rooang.com | Pernah melihat susunan pigura cantik di dinding? Tahukah Anda, bahwa untuk menciptakan tatanan apik tersebut, ada formulanya! Tidak sembarangan diletakkan begitu saja. Simak tip berikut, agar Anda bisa menata foto-foto atau lukisan ala desainer interior profesional.

Template penataan pigura

Picture-Placement-configuration1

a9db5ea13c7116da22a9ed3376383a9e

Tidak perlu repot memikirkan bagaimana menatanya. Search saja di internet dengan kata kunci “photo wall templates”, “frame art hanging display”, “photo wall layout”, atau semacamnya. Banyak sekali contoh template penataan pigura beserta skala dan ukuran piguran yang diperlukan. Tinggal pilih mana yang sesuai untuk dinding Anda.

Formula garis lurus

12_03_framewall_02

Ini jika Anda tidak ingin memiliki desain yang sama dengan cara menggunakan template. Formula garis lurus memastikan Anda bisa menata pigura dengan rapi. Pertama, gambar area dinding tempat diletakkannya pigura nantinya, beserta ornamen yang ada saat ini, misalnya lampu, kursi, sofa, meja, dsb. Sebisa mungkin gambar dengan skala yang benar. Kedua, siapkan berbagai ukuran pigura yang akan dipajang, buat versinya dalam ukuran kecil sesuai skala pada gambar dinding. Nantinya kertas ini akan ditempelkan. Ketiga, mulai menggambar garis dengan alternatif berikut ini.

 

  • Garis bawah dan atas horizontal

c6e2e4c8b41f4cdcd0186d395f7888a8_thumb

Gambar garis horizontal di atas meja atau sofa. Garis ini akan menjadi batas bawah atau batas atas pigura. Lakukan simulasi dengan menempelkan potongan kertas kecil di sketsa Anda. Kertas-kertas kecil diletakkan menempel pada garis.

  • Garis tengah horizontal

chain

Gambar garis horizontal. Lakukan simulasi dalam sketsa. Kali ini garis horizontal memotong kertas simulasi tepat di bagian tengahnya. Pigura bisa terdiri atas 2 atau 3 ukuran dengan susunan besar-kecil-besar-kecil-besar, atau kecil-besar-kecil-besar-kecil.

  • Garis samping kanan dan kiri vertikal

wall-of-frame

Sama dengan melakukan simulasi pada sketsa garis bawah dan atas. Hanya saja, garis kanan dan kiri harus ada semua. Garis-garis vertikal ini akan menjadi batas kanan dan kiri, sementara bagian atas dan bawah tidak perlu rata.

  • Garis tengah vertikal

Sama dengan garis tengah horizontal, tetapi dengan arah vertikal.

  • Huruf T, H, dan 1 anak tangga

variasi

Para desainer interior kadang terlihat begitu saja menata pigura di dinding, tanpa memperhatikan petunjuk apapun, tetapi sebenarnya tetap ada garis lurus antara pigura yang satu dengan yang lainnya. Untuk bentuk sederhana, coba gambar garis T, H, atau gambar 1 anak tangga. Letakkan kertas simulasi di sekitar garis tersebut.

Setelah selesai menentukan dan menggambar sketsa model, terapkan model tersebut di dinding. Selesai sudah. Mudah bukan?

  • Kotak imajinasi

kotak 3

Selain dengan garis, biasanya para desainer interior menggambar kotak imajinatif di dinding, lalu menata pigura di dalam garis tersebut. Pigura-pigura terluar menempel dengan garis keliling kotak tersebut. Bentuk kotak ini bisa diganti dengan bentuk oval atau daun.

  • Proporsi dan ukuran

garis tengah 2

Untuk hasil terbaik, perhatikan ukuran-ukuran pigura yang digunakan dan seberapa besar dia ‘mengambil tempat’ dalam area pigura tersebut.

  • Trik untuk tangga

tangga

Jika untuk dinding biasa Anda menggunakan garis horizontal dan diagonal, maka untuk dinding area tangga, Anda harus menggunakan garis diagonal dengan derajat kemiringan yang sama dengan kemiringan tangga tersebut.

  • Ciptakan keberagaman

Vintage-Frame-Wall

Bisa jadi bukan hanya pigura yang digantung. Tambahkan variasi hiasan dinding lainnya, seperti monogram dan cermin dekoratif. Unsur variasi juga bisa diciptakan dari perbedaan model pigura itu sendiri.

  • Cara aman

 

kotak

 

Cara paling aman mengatur pigura adalah dengan menggunakan ambalan yang ditempel di dinding, atau dengan memilih sejumlah pigura berukuran sama. Selanjutnya pigura tersebut cukup digantung secara vertikal atau horizontal. Vertikal jika di dinding kosong, horizontal jika terdapat meja atau sofa di dinding.

Wood-Photo-Picture-Frame-Wall1

Cara-cara di atas hanyalah petunjuk untuk Anda yang belum bisa membayangkan bagaimana trik display untuk foto dan pigura. Jadi, Anda masih bisa berkreasi sesuka hati.

kraft-paper-wall-gallery-design

quadros-grafico

empty-walls-black-picture-frames-wall-decor-ideas

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX