Tip Mengecat Furnitur Shabby Chic (Bagian I)

Tip Mengecat Furnitur Shabby Chic

Rooang.com | Gaya interior hunian bertema shabby chic memang sedang booming. Selain kain-kain lusuh yang lugu tapi cantik, shabby chic juga identik dengan furnitur lawas dengan warna-warna pastel yang tampak antik. Meski lapisan catnya sudah mengelupas banyak bekas goresan di sana-sini, namun elemen furnitur bergaya shabby chic justru memberi kesan hangat dan ramah pada interior rumah. Untuk mendapatkan furnitur yang unik ini, sebenarnya Anda tidak perlu berburu barang antik di pasar loak. Goresan itu bisa dibuat sendiri.

Caranya? Sebenarnya para ahli menggunakan beragam cara berbeda, sesuai selera dan kreativitas mereka untuk menghasilkan furnitur yang feminin ala shabby chic. Tapi, karena sebagian perlengkapan sepertinya tidak dijual di Indonesia, redaksi kami merangkum beberapa teknik yang bisa Anda terapkan dan low budget.

Berikut ini beberapa cara yang paling banyak digunakan untuk membuat furniture di rumah jadi shabby chic.

Susie Frietag

low res 3

 

  • Bersihkan furnitur dari debu dan kotoran
  • Aplikasikan cat dasar, biarkan kering sesuai petunjuk dalam kemasan
  • Aplikasikan 2 atau 3 lapisan warna cat agar nanti hasil mengelupasnya memperlihatkan beberapa goresan warna dan semakin antik.
  • Gunakan cat latex atau cat acrylic dengan satin finish (biasanya ini adalah cat tembok)
  • Amplas secara halus (ingat! Harus halus!) bagian tepi atau bagian yang memiliki sudut dan lekukan. Bisa menggunakan amplas kertas biasa, amplas cair, amplas mesin (kalau ada), atau thinner aceton.

Majalah Better Homes and Garden

low res 4

  • Amplas secara halus permukaan furniture yang berpelitur, lalu bersihkan dari debu dan sisa kotoran.
  • Aplikasikan cat lapisan pertama yang berwarna lebih gelap (jika Anda memilih warna pink, pilih pink dengan tone yang agak gelap). Lapisi secara tipis agar serat kayu, sisa warna pelitur, dan bekas sapuan kuas bisa terlihat. Keringkan selama 24 jam (sebenarnya bisa 2 jam saja jika ingin selesai lebih cepat)
  • Aplikasikan cat lapisan kedua yang berwarna lebih terang. Campurkan dengan air, jangan sampai berbusa. Sapukan pada permukaan furnitur.
  • Basuh secara tipis dengan spon bersabun saat cat belum kering sempurna (kira-kira 1 jam 30 menit). Basuh dengan merata, dengan cara memulaskannya dari kanan ke kiri. Jangan dibasuh dengan cara memutar karena nanti hasilnya tidak rapi.
  • Seka/keringkan sisa air sabun dengan tisu kasar. Seka dengan halus, dengan cara menempelkan tisu lalu menepuk-nepuknya ke permukaan. Keirngkan selama 24 jam.
  • Amplas tipis-tipis bagian pinggirnya sampai terlihat lapisan cat pertama dan lapisan kayu.

Pilih saja cara yang diinginkan dan sesuai selera Anda. Bahkan Anda bisa melakukan eksplorasi untuk mendapatkan gaya sendiri yang otentik. Selamat mencoba!

Punya furnitur cantik ala shabby chic di rumah? Atau dekorasi rumah bergaya shabby chic? Yuk, share kreasi Anda di Rooangku!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX