10 Toilet Umum Terbaik di Dunia (Bagian I)

best-public-toilet-1

Rooang.com | Ketika sebagian orang di dunia masih ogah-ogahan menggunakan toilet umum karena kesan jorok dan bau, beberapa negara maju justru telah berlomba merancang toilet umum yang fungsional, sustainable, dan memiliki arsitektur gaya modern. Selain itu, toilet-toilet terbaik pun memiliki keunggulan dalam segi fungsi, teknologi, kebersihan, dan bahkan menjadi salah satu keunggulan pariwisata karena sangat mengesankan bagi penggunanya.

Cek foto-fotonya berikut ini, dan silahkan menilai apakah toilet-toilet tersebut memang layak menyandang predikat the best public toilet. Siapa tahu, Anda mendapatkan inspirasi untuk menerapkannya di rumah.

  • Kumutoto

Tepatnya terletak di Wellington, Selandia Baru, terdapat 2 bangunan unik berbentuk seperti siput besi merah atau semacam arthropoda. Jangan takut, karena ini bukanlah monster mengerikan seperti di film-film, melainkan sebuah toilet umum. Kumutoto adalah 2 toilet umum yang dirancang oleh Studio Pacific Architect. Memang diakui oleh semua orang bahwa Kumutoto merupakan toilet umum paling aneh di dunia. Bentuknya sangat iconic, visible, dan mudah dikenali, menjadikannya sebagai toilet umum yang sangat terkenal. Di dalamnya, toilet umum ini didesain minimalis dan tentu sangat bersih.

 

  • Roadside Reststop Akkarvikodden

Toilet umum ini terletak di Norwegia, tepatnya di wilayah Akkarvikodden, sebuah rute perjalanan wisata di pegunungan Norwegia. Seperti yang sering kita alami saat travelling ke gunung, jarang bisa ditemukan toilet umum di tempat-tempat seperti ini. Tetapi Manthey Kula Architects memberikan solusi dengan membangun kembali sebuah toilet umum. Awalnya toiletdi tempat ini hanya berupa bangunan biasa yang rapuh dan akhirnya tersapu angin. Melihat pentingnya toilet di kawasan tersebut, sang desainer lantas membangunnya kembali.

Dindingnya dibangun dari material Corten steel yang ditanam langsung ke dalam tanah, sehingga membuatnya tahan pada cuaca. Toilet dan wastafelnya sendiri dibuat dari stainless steel yang dilapisi kaca untuk mencegah karat dan noda. Desainnya dengan atap pelana terbalik, berbentuk minimalis dengan gaya rustic.

 

  • Trail Restroom

Toilet umum ini terletak di Austin, Texas, AS. Tampak dari atas, bangunan kecil ini berbentuk seperti loop. Tetapi dari samping, Anda akan tertipu dan mengira toilet ini sangat panjang. Bentuknya yang unik menjadikan bangunan ini sebagai salah satu iconic sculpture  dari taman Sungai Colorado. Bentuk bangunan utamanya adalah tabung besar berdiameter sekitar 4 meter. Toilet ini juga dibangun dari Corten steel sebanyak 49 lembar sebagai dinding. Di bagian atapnya diberi celah sekitar 60 cm agar sinar matahari dan udara segar bisa masuk.

 

  • Wembley WCs

Didesain dengan fasad berupa perforated metal warna emas, bangunan setinggi 5 meter ini sukses menarik perhatian warga London yang melintas. Letaknya tepat di pedestrial Wembley, sisi utara dari London. Dengan tepat berada di pinggir jalan, WC umum tersebut memudahkan setiap orang yang berkepentingan untuk segera ke toilet. Gort Scott, perancang toilet umum tersebut, memberikan base dari beton agar kuat menahan beban metal di atasnya. Fasad sengaja dibuat berlubang untuk memudahkan cahaya masuk, tanpa orang luar bisa menengok ke dalam.

 

  • Uster Public Toilet

Toilet umum ini dirancang oleh Kohler dan Gramazio pada tahun 2011 di Uster, Swiss. Toilet berwarna hijau cerah tersebut merupakan salah satu prototype dari bentuk arsitektur urban masa kini di Swiss, sebagai simbol perkembangan arsitektur di negara ini. Selama beberapa tahun ke depan, negara ini akan terus membuat toilet umum dengan tema serupa di berbagai kota lainnya.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX