model-tangga-minimalis

Rooang.com | Untuk mensiasati keterbatasan lahan, akhirnya orang memilih bangunan rumah 2 lantai sebagai tempat tinggal. Meskipun masih terasa kurang lapang, tetapi rumah dengan desain minimalis 2 lantai sangat diandalkan untuk menambah space dan ruang gerak penghuninya.

Untuk jenis rumah minimalis dengan ruang yang tidak terlalu lebar, perlu dipilih model tangga yang hemat tempat. Bahkan kalau bisa yang multifungsi. Setidaknya, model tangga yang dipilih harus praktis dan indah. Anda hendak membangun rumah minimalis 2 lantai? Berikut ini beberapa inspirasi bentuk dan model tangga.

 

Contoh di atas menampilkan bentuk paling dan fungsi paling mendasar dari tangga, yaitu sebagai penghubung lantai bawah dengan lantai atas. Tangga model ini pada dasarnya hanya berupa ambalan kayu yang ditopang oleh dinding. Tetapi, di sini perancangnya menambahkan kesan natural dengan menghadirkan tambahan ambalan panjang dari kayu yang cukup tebal. Di rumah Anda, kayu ini bisa bermanfaat sebagai tempat meletakkan barang, misalnya koleksi buku.

 

Selain berfungsi sebagai tangga yang sangat hemat ruang, tangga kayu ini juga merangkap peran sebagai rak buku. Jadi bisa dikatakan bahwa ini adalah rak buku yang merangkap sebagai tangga. material kayu yang digunakan tentunya harus kuat menahan beban. Saat menggunakan tangga model ini, Anda perlu berhati-hati karena jarak antar pijakan cukup rapat dan tinggi. Hal ini banyak terjadi untuk mengirit penggunaan ruang.

 

Railing tangga dari material logam ini memiliki 3 fungsi sekaligus: sebagai tangga, rak buku, dan nakas mungil yang terletak di samping sofa. Desainnya elegan minimalis dengan warna netral dan natural, sangat pas untuk menciptakan keindahan. Modelnya pun cukup aman karena dilengkapi dengan rail. Agar tidak mudah terpeleset, sebaiknya tangga ini dilengkapi dengan papan karet.

 

Tangga ini unik, karena dirancang untuk satu kaki di setiap pijakan. Dengan model ini, maka otomatis kaki pertama yang berpijak melangkah naik adalah kaki kiri. Sama seperti model lainnya di atas, model tangga ini juga merangkap sebagai rak. Meskipun desainnya Jarak antara pijakan kanan dengan kiri tidak terlalu tinggi, tetapi area kaki cukup sempit. Model ini cukup aman dengan dilengkapi railing.

 

Model tangga multifungsi juga bisa berupa lemari berjenjang atau lemari susun seperti foto di atas. Jika ingin hasil maksimal, tangga seperti ini dibuat secara custom. Tetapi, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan membeli furnitur yang memiliki ukuran sesuai kebutuhan. Pastikan furnitur tersebut dibuat dari material berkualitas dan kuat menahan beban saat dipijak.

 

Tangga yang berukuran cukup lebar biasanya kurang maksimal jika merangkap sebagai tempat penyimpanan perabot. Lebih baik digunakan sebagai ruang untuk aktivitas satu atau dua orang. Misalnya ruang kerja, ruang belajar, atau bahkan kamar mandi. Saat ini sudah banyak rumah-rumah mungil yang memiliki kamar mandi di bawah tangga.

 

Di rumah minimalis, pemanfaatan ruang terbatas harus dilakukan secara maksimal. Salah satunya adalah dengan memilih tangga sesederhana mungkin, tapi tetap aman. Seperti tangga di atas yang mengandalkan bantalan besi sebagai penopang. Banyak kita jumpai tangga model ini tanpa dilengkapi rail tangan, sehingga berbahaya untuk anak-anak. Jika memilih tangga, pastikan bisa aman untuk semua anggota keluarga

 

Bagaimana dengan model tangga di rumah Anda? Sudahkah memiliki fungsi maksimal? Share di Rooangku, ya.

 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!