Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
chalkboard-wall

Rooang.com | Dinding serupa papan tulis merupakan salah satu cara untuk mendekorasi ruangan. Dengan dinding seperti ini, Anda lebih mudah mendekorasi dan berkreasi. Dinding papan tulis juga bisa menjadi media belajar anak Anda. Tapi, bagaimana cara membuatnya? Tidak sulit. Ikuti petunjuk berikut ini.

Peralatan dan bahan

  1. Nat bubuk
  2. Cat latex sesuai warna yang dikehendaki (hitam atau warna gelap lainnya)
  3. Ember untuk mencampur bahan
  4. Alat pengaduk
  5. kuas atau roller

 

Langkah

  • Mencampur nat dengan cat latex

Terlebih dahulu, encerkan cat latex dengan air, sesuai komposisi yang tertera di kemasan cat. Baru kemudian campurkan nat ke dalam cat dengan perbandingan 1 bagian nat untuk 8 bagian cat. Campurkan sampai benar-benar merata agar tidak timbul gumpalan dan permukaan berpasir di dinding. Untuk permukaan yang kecil, perbandingannya adalah 2 sendok makan nat untuk secangkir cat. Jika dalam jumlah banyak, gunakan paint mixer untuk memudahkan pekerjaan Anda.

  • Persiapan permukaan

Pastikan permukaan dinding yang akan dicat bersih dari debu, kotoran, cairan, minyak, dan noda lainnya. Bersihkan mulai dari bagian paling atas. Bila perlu, gunakan sabun untuk menghilangkan noda.

  • Proses pengecatan

Aplikasikan cat pada dinding yang sudah disiapkan secara merata. Untuk hasil maksimal, aplikasikan cat sampai 2 lapisan. Gunakan kuas kecil untuk bagian tepi, lalu ratakan ke bagian lain dengan kuas besar atau roller.

  • Pengeringan

Proses pengeringan sebelum pengecatan kedua adalah selama 3 jam. Untuk dapat digunakan sebagai papan tulis, tunggu sampai mengering sempurna selama 3 hari.

  • Pemberian motif

Setelah kering sempurna, Anda bisa berkreasi menggunakan dinding papan tulis ini. Tulisan motivasi, resep masakan, memo, atau quotes simple akan membuat ruangan jadi lebih seru dan ceria. Hiasi dengan gambar-gambar yang menarik.

 

Cara membersihkan

Sebagai papan tulis, dinding ini juga perlu dibersihkan. Kalau biasanya papan tulis menggunakan penghapus kain kering, untuk dinding papan tulis sebaiknya Anda menggunakan lap microfiber yang lembab. Berikut ini caranya.

  1. Rendam atau siram lap sampai basah, peras sampai tidak ada air yang menetes, lalu usapkan pada dinding. Ulangi sampai seluruh permukaan bersih.
  2. Jika dinding papan tulis Anda aplikasikan untuk dapur, pastikan Anda sudah menutupi semua alat makan dan menyimpan makanan di tempat yang aman.

Sumber:
http://www.lifehack.org