Petunjuk Menata Dapur Ala Fengshui

Rooang.com | Zaman dulu, dapur dianggap sebagai ruang kunci keharmonisan keluarga. Kalau asap dapur tetap mengepul, berarti kebutuhan keluarga tercukupi. Menata dapur pun tidak boleh sembarangan. Selain harus mempertimbangkan faktor keamanan dan kenyamanan, salah satu yang banyak dipertimbangkan adalah fengshui. Berikut ini peraturan menata dapur ala fenghui.

Letak dan arah dapur

  1. Dapur sebaiknya tidak berada di tengah rumah/bangunan, karena mengandung energi panas yang menyebar. Panas ini seharusnya dekat dengan akses keluar, sehingga hawa di dalam rumah lebih segar. Menurut fengshui, udara panas di dalam rumah bsia mengurangi energi positif.
  2. Hindari meletakkan dapur di area utara, karena arah utara merupakan kawasan air. Jika meletakkan dapur di utara, maka akan terjadi benturan energi.
  3. Jangan meletakkan dapur di depan ataupun samping tangga. Selain memudahkan hawa panas untuk naik ke lantai atas, dapur yang diletakkan di sekitar tangga membuat qi setiap penghuni berkurang. Dari segi logika, tangga adalah tempat yang menyalurkan debu dari atas. Debu ini bisa mengenai bahan makanan yang ada di dapur.

Peletakan kompor

  1. Posisi kompor jangan menghadap ke pintu ataupun tangga. Ini menyebabkan orang yang memasak membelakangi pintu. Menurut fengshui, hal ini tidak baik untuk karir karena panas kompor akan menghanguskan energi positif.
  2. Kompor sebaiknya tidak diletakkan di sebelah tempat cuci piring, mesin cuci, wastafel, dan kulkas, karena dua benda ini mengandung energi air yang bisa mengguyur kemakmuran keluarga.
  3. Kompor jangan diletakkan di bawah toilet, kamar mandi, pipa air yang melintang, bak penampungan air (tandon), karena tempat-tempat tersebut mengandung lebih banyak energi negatif yang bisa turun dan mengurangi keharmonisan.
  4. Jangan meletakkan kompor di bawah kamar tidur lantai atas, karena energi panas dari kompor bisa membuat pengguna kamar sering sakit dan terjauh dari keberuntungan.
  5. Kompor jangan sampai diletakkan di bawah jendela dapur, karena memudahkan angin menyapu hoki dan kemakmuran.

Dekorasi

Menurut fengshui, ada sejumlah barang dekorasi yang sebaiknya tidak diletakkan di dapur, antara lain:

  • cermin
  • lukisan binatang buas
  • foto seluruh maupun sebagian anggota keluarga
  • lukisan air

Jangan khawatir. Dapur tetap indah dengan menggunakan cara berikut.

  • Counter top atau meja dilapisi keramik.
  • Meletakkan unsur bumi, seperti tumbuhan sayur atau tanaman hias lainnya.
  • Memberikan pencahayaan yang cukup dan mengaplikasikan warna-warna terang yang lembut.
  • Letakkan benda-benda agar terhindar dari bahaya, seperti meletakkan pisau jauh dari jangkauan anak-anak, serta meletakkan serbet tidak di sekitar kompor.

Bagaimana? Apakah Anda setuju dengan petunjuk menata dapur ala fengshui di atas? Bagaimana pula dekorasi dapur Anda? Share ya, di Rooangku.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX