65

Rooang.com | Ketika tamu berkunjung, lazim di tengah obrolan, ia meminta izin ke kamar mandi. Anda pun dengan senang hati menyilakan. Apalagi Anda telah jauh-jauh memang merancang dan membuat kamar mandi khusus untuk tamu. Biasanya memang ruangnya lebih kecil dibanding kamar mandi pribadi Anda.

Tapi, anggaran Anda terbatas? Jangan khawatir. Anda bisa menyiasatinya. Anda tetap bisa membuat kamar mandi tamu yang fungsional sekaligus stylish.

Lima tip berikut juga bisa diterapkan pada kamar mandi lainnya.

1

Dekor Suasana

Bagaimana kamar mandi akan digunakan? Ini yang paling penting Anda pikirkan. Apakah akan digunakan tiap hari atau khusus dipakai oleh tamu? Jika dipakai tiap hari, Anda butuh desain yang klasik atau elemen yang gampang diganti.

Tapi, jika ruang mandi itu untuk tamu, Anda bisa menciptakan dekorasi yang lebih menyenangkan. Anda bisa memasang wallpaper dengan tema yang Anda sesuaikan. Bisa bertema hiburan, anak-anak, pemandangan alam, dan lain-lain. Anda juga tidak butuh tempat untuk handuk dan sabun karena tamu biasanya cuma mampir sebentar. Pancuran? Lupakan.

 

2

Hemat Ruang

Prioritaskan tempat penyimpanan. Memang terdengar kontraintuitif. Tapi tanpa perencanaan yang matang, kamar mandi akan terasa lebih kecil jika kondisinya kacau dan tak tertata.

Tempat penyimpanan ini Anda sesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Perempuan biasanya butuh tempat penyimpanan yang lebih lega dibanding laki-laki.

Tanpa mengubah dimensi kamar mandi, Anda bisa menyiasati tempat penyimpanan dengan meletakkan kotak yang disusun vertikal. Sementara wastafel diletakkan di sampingnya. Hemat tempat, bukan?

 

3

Tata Cahaya yang Baik

Dengan aksen pencahayaan yang baik, Anda bisa membuat ruang jadi lebih menyenangkan. Cobalah gunakan bahan yang berkilat, misalnya: cermin. Biarkan pencahayaan datang dari jendela atau kaca atap. Ini cara yang bagus untuk membuat ruang yang kecil terasa lebih besar dan menarik.

Anda pun bisa menggunakan light fixtures. Tapi, jika terlalu besar atau penempatannya terlalu rendah, ini bisa jadi masalah. Coba pasang lampu LED di tiap ruang, baik dipantulkan maupun dipancarkan langsung.

Anda juga bisa menggunakan palet warna yang lebih cerah. Ini akan membuat ruang terasa lebih luas dengan membuatnya tetap terang dan lega.

4

Tonjolkan Dinding Aksen

Jika Anda sudah mengatur suasana, memaksimalkan tempat penyimpanan, juga mengatur pencahayaan di kamar mandi, langkah berikutnya adalah memikirkan estetika. Anda bisa membuatnya minimalis atau menonjolkan detail tertentu. Misalnya, cermin antik atau dinding aksen yang bisa menghadirkan kontras, akan membuat kamar mandi terasa lebih kontemporer di tengah dominasi klasik.

Anda juga berpeluang untuk menempatkan detail-detail tertentu. Sebab, orang biasanya akan memerhatikan itu di ruang yang sempit. Intinya, jika Anda ingin memamerkan sesuatu dari rumah Anda, cobalah meletakkannya di kamar mandi tamu. Sebab, mereka biasanya tidak akan memperhatikan itu kala melintas di ruangan yang luas.

5

Royal pada Hal yang Anda Sukai

Para desainer interior setuju, daripada berhemat untuk renovasi ruang yang lebih luas di rumah, justru sebaiknya Anda menghabiskan lebih banyak anggaran untuk kamar mandi yang lebih kecil.

Sebuah dinding aksen yang kecil adalah media yang bagus buat Anda untuk membelanjakan lebih banyak anggaran. Ini bukan masalah benar atau salah. Ini mengenai pengalaman. Tantangannya terletak pada bagaimana Anda merepresentasikan gaya Anda dan mewujudkannya sebagai sesuatu yang unik dalam ruang.

Tertantang untuk mendekor ulang kamar mandi Anda?

 

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!