Tip Dekorasi Teras Rumah Minimalis

Pasti sobat Rooang sering menemukan rumah minimalis yang di dekorasi seadanya. Padahal, seharusnya rumah minimalis tetap bisa tampil elegan dan menawan, dan tidak kalah dari rumah bergaya klasik ataupun mediterania. Salah satu bagian rumah yang menentukan kesan pertama adalah teras. Bagaimana ya caranya mendekorasi teras rumah yang kecil itu? Simak tips dekorasinya, berikut ini:

Tentukan fungsi

Sumber : Pinterest


Selalu, setiap akan mendekorasi suatu ruangan, tentukan dulu apa fungsinya. Fungsi ini ditentukan berdasarkan kebiasaan sehari-hari, lokasi teras, dan ukuran teras rumah tersebut. Jika sobat terbiasa minum teh di sore hari bersama keluarga, maka perlu ada dudukan yang nyaman dan sebuah meja kecil. Dudukan bisa berupa kursi bambu atau rotan sederhana atau 2 buah armchair jika anggota keluarga hanya sedikit. Jika teras depan hanya digunakan untuk menyambut tamu, maka tidak perlu meletakkan furnitur apapun.

Pintu

Sumber : Pinterest

Letak teras juga akan mempengaruhi dekorasi pada pintunya. Pintu depan bisa dilengkapi dengan pengetok pintu, gaya klasik maupun yang modern minimalis. Jika pintu kaca maka sebaiknya dilapisi dengan korden kain, untuk menjaga keamanan. Warna pintu bisa dipilih sesuai selera dan warna dinding sekitar. Jika ingin tampil beda yang ‘inilah gue‘, cat pintu depan rumah dengan warna vibrant dan mencolok, misalnya kuning, merah, atau oranye, dengan warna dinding sekitar abu-abu atau greige.

Sumber : http://www.desainrumahnya.com/

Tempat duduk

Sumber : Pinterest

Karena teras merupakan area outdoor, pilihlah tempat duduk yang tahan cuaca dan mudah dibersihkan. Hindari meletakkan kursi berbahan kain atau bantalan karena akan sulit dibersihkan jika terkena hujan. Yang paling mudah, berikan atap pergola di atasnya agar sobat terlindungi dari panas saat sedang bersantai.

Aksen material dan warna dinding

Sumber : http://cdn.homedit.com/

Umumnya rumah minimalis yang ada saat ini sudah dilengkapi dengan aksen bentuk dan material. Misalnya penggunaan batu alam sebagai pelapis dinding fasad atau pilar. Warna dinding bagian teras pun bisa dibedakan dari warna lainnya.

Bring in-out

Sumber : https://homebnc.com/

Untuk menambah kesan homey di area teras, mengapa tidak membawa sesuatu dari dalam ruangan ke luar ruangan? Misalnya dengan meletakkan sejumlah tanaman, cushion dan throw untuk mempercantik dudukan di teras. Bisa juga dengan meletakkan beberapa wall art, seperti lukisan atau poster berpigura.

Lampu teras

Sumber : http://www.decoist.com/

Pencahayaan adalah faktor utama. Jangan sampai teras rumah nampak gelap di malam hari. Untuk menambah keindahan, pilihlah lampu khusus teras dengan desain lantern klasik etnik atau modern minimalis.

Area hijau


Meskipun rumah minimalis milik sobat tidak memiliki halaman, maka wajib hukumnya untuk tetap menciptakan nuansa hijau. Tanaman gantung maupun lantai, sama-sama bisa membuat teras dan udara jadi lebih segar. Pilih jenis tanaman sesuai selera, agar tidak kesulitan dalam merawatnya.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX