Reading Time: 2 minutes
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
124

Selama ini lampu gantung identik dengan hall yang megah. Padahal ia bisa dipasang pula di kamar tidur. Ukuran dan bentuknya pun beragam. Tinggal disesuaikan saja dengan keinginan si pemilik kamar.

Beberapa hal di bawah ini bisa Anda jadikan sebagai panduan sebelum memutuskan memasang lampu gantung di kamar tidur. Simak, yuk!

Gaya
Pilihlah lampu gantung yang melengkapi desain kamar tidur Anda. Lampu gantung yang klasik cocok dengan gaya ruang apa pun, tergantung pada detail dan hasil akhirnya. Misalnya, lampu gantung berlapis emas yang mewah, cocoknya pada rumah dengan kamar tidur yang romantis atau bergaya old-world. Contoh lain, lampu gantung nan antik yang dicat ulang dengan warna-warna retro akan cocok dengan gaya shabby chic. Sementara itu, kamar tidur yang modern atau trendi kontemporer, cobalah lampu gantung yang aneh dan funky.

 

Ukuran
Sesuaikan ukuran lampu gantung dengan ukuran kamar tidur Anda dan tinggi dinding. Pertimbangkan pula lebar dan panjang ruangan. Sebagai contoh, kamar tidur berukuran 3,6 m x 4,2 m dengan tinggi 3 meter bisa dipasangi lampu gantung berdiameter 65 cm dan tinggi 50 cm – 75 cm.

 

Fungsi
Anda perlu mempertimbangkan fungsi dari lampu gantung ini. Apakah bagian dari lampu utama (sebagai lampu suasana) atau sekadar lampu dekoratif? Jika yang pertama, lampu gantung haruslah terang dan dikendalikan lewat kenop, untuk memastikan daya penerangannya maksimum. Di kamar tidur, lampu suasana biasanya lampu utama dan dipasang di tengah-tengah ruangan. Sementara lampu gantung yang Anda fungsikan sebagai lampu dekoratif, cocoknya dikendalikan lewat kenop dim (pengatur terang redup cahaya). Ini untuk menyesuaikan dengan tingkat mood yang ingin Anda ciptakan.

3

Mood dan harmoni
Gaya ruangan menentukan model lampu yang Anda gunakan. Kamar tidur bergaya modern cocoknya dipasangi lampu gantung metal nan mengilap. Kamar tidur berlanggam tradisional atau antik, cocoknya dengan lampu gantung kristal. Sementara itu, ruang tidur bergaya kebarat-baratan akan selaras jika dipasangi lampu gantung model tanduk rusa atau ban gerobak. Lampu gantung yang antik modern akan cocok dipasang di ruang tidur berdekorasi kontemporer atau transisional. Manfaatkan elemen-elemen pada lampu gantung untuk menonjolkan tema kamar tidur Anda. Misalnya, tali sulur-sulur pada lampu untuk kamar tidur bertema bahari.

 

Lapisan Permukaan
Lampu gantung hadir dengan beraneka lapisan permukaan logam. Agar lampu gantung Anda berfungsi maksimal pada dekorasi ruang, cocokkan lapisan permukaannya dengan pintu atau furnitur keras di kamar tidur Anda. Dengan kata lain, permukaannya tidak harus metalik. Jika itu cocok dengan desain ruang tidur Anda, Anda bisa membeli bohlam yang murah dan mengecat-semprotnya biar terlihat serasi.

Anda punya tip lain? Silakan bagikan di sini.
Sumber:
http://www.bhg.com
http://homeguides.sfgate.com/