Tip Membersihkan Wooden Blinds (Kerai/Krey Kayu)

tips-membersihkan-wooden-blinds

Rooang.com | Saat membersihkan bagian-bagian rumah, salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah window covering. Jika window covering yang dipilih adalah korden kain biasa, mencucinya cukup mudah. Tetapi, lain halnya jika yang ada di rumah adalah wooden blinds atau biasa disebut kerai kayu. Anda juga kesulitan membersihkan kerai kayu? Berikut ini cara membersihkannya.

  • Bersihkan krey kayu paling tidak seminggu sekali dengan menggunakan lap/spon yang halus. Lap/spon terlebih dahulu dibasahi dengan air lalu diperas sampai tidak ada air menetes. Hal ini karena kerai kayu akan mudah rusak jika sering terkena air. Jika ada, gunakan pembersih khusus kayu yang mengandung minyak.
  • Tutup kerai kayu secara keseluruhan, dengan posisi setiap slat vertikal (tidak berbaring). Kalau slat dalam keadaan terbuka, maka saat mengelap akan menekan kerai dan membuatnya mudah rusak. Setelah satu sisi selesai dibersihkan, putar stick sampai slat berbalik 180°, lalu bersihkan sisi belakang tersebut. Bersihkan dengan cara dilap secara perlahan, jangan ditekan, sampai ke sela-sela slat.
  • Setiap hari, bersihkan kerai dengan menggunakan kemucing atau lap kering.
  • Jangan mencampur air untuk membersihkan kerai dengan sabun atau deterjen, karena akan mengurangi warna/kilap kayu.
  • Untuk menjaga kilap kerai kayu, campurkan seperempat cangkir (50 ml) minyak zaitun dengan semangkuk kecil air hangat (±300 ml). Masukkan ke dalam botol spray, lalu semprotkan ke kerai kayu sedikit demi sedikit (jangan sampai terlalu basah). Segera lap dengan lap kering sampai merata.
  • Jika tidak memiliki minyak zaitun, Anda bisa menggantinya dengan lemon essential oil sebanyak 5 tetes. Campurkan dengan setengah cangkir (±100 ml) air hangat. Lakukan seperti langkah di atas.

 

Tip tambahan:

  1. Jika kerai cukup tinggi, gunakan tangga A atau kursi/meja agar bisa membersihkan dengan nyaman.
  2. Jika tidak ada alat bantu ketinggian, turunkan kerai kayu, lalu pasang lagi jika sudah selesai dibersihkan.
  3. Jangan menarik kerai karena bisa membuatnya patah atau tali penghubungnya rusak.
  4. Cara lain agar hasil lebih bersih adalah dengan menggunakan sarung tangan atau kaos kaki bekas. Gunakan sebagai sarung tangan, lalu bersihkan sampai ke sela-sela.

 

Tidak sulit, bukan? Selamat mencoba!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX