7 Tip Memaksimalkan Ruang Toko Ritel

8

Rooang.com | Anda punya toko ritel? Ruangnya kecil? Anda ingin membuatnya terlihat lebih baik? Anda hanya perlu berpikir strategis bagaimana mendesain ruang dan mengatur barang-barang Anda. Anda kiranya perlu mencermati 7 tip berikut ini.

 

  1. Cat dinding aksen

1

Cobalah mengecat satu bagian dinding dengan warna yang terang. Ini cara yang efektif untuk membuat ruang tampak menggairahkan sekaligus membuatnya terlihat lebih luas. Cara lainnya, Anda bisa memasang wallpaper atau kain tenun cetak warna-warni pada salah satu dinding. Efeknya sama, yakni ruang yang kelihatan lebih luas. Ini sekaligus menambah tekstur dan pola yang memikat untuk toko Anda.

 

  1. Ciptakan efek ‘tampak-seperti-jendela’

2

Maksudnya begini. Keberadaan jendela bisa membuat ruang yang kecil tampak lebih luas. Jika ruang toko Anda tidak memiliki jendela sama sekali, cobalah menyiasatinya dengan memasang panel kain linen putih pada dinding. Itu menciptakan ilusi sebuah jendela. Menggantungkan tirai di sekitar cermin yang tinggi adalah cara lain untuk menciptakan efek ‘tampak-seperti-jendela’.

 

  1. Pikirkan untuk vertikal

3

Meletakkan barang-barang dengan ketinggian yang berbeda-beda bisa memaksimalkan ruang. Secara visual pun lebih menarik bagi pengunjung. Menggantung rak dengan level berbeda adalah cara termudah untuk menciptakan efek ini. Anda juga bisa menempelken tirai dan barang-barang lainnya dari langit-langit ke lantai untuk menarik pandangan dan menciptakan rasa ruang yang lebih besar.

 

  1. Hindari tampilan kusut

4

Hindari tampilan kusut dengan menggunakan warna-warna netral, semisal putih gading dan abu-abu, untuk furnitur dan barang-barang besar lainnya. Lalu, aksenkan ruang dengan barang berwarna yang lebih kecil, misalnya: vas atau bantal. Jangan letakkan barang-barang Anda berdekatan. Buatlah ia tampil elegan dan beri ruang yang lega.

 

  1. Jangan mengandalkan rak

5

Rak bisa jadi cara yang sangat efektif untuk mengisi sebagian besar ruang toko Anda. Tetapi Anda juga bisa menemukan cara menghemat ruang yang lebih kreatif untuk menampilkan produk. Alih-alih menggunakan kotak besar untuk meletakkan perhiasan dan benda-benda kecil lainnya, cobalah membeli lukisan tua dengan figura bercorak ramai. Dan, bentanglah kain linen pada kanvasnya untuk membuat papan gabus yang lebar. Anda pun bisa menyematkan produk di situ. Ini akan memakan sedikit ruang sekaligus menambah karakter pada toko Anda.

 

  1. Gunakan rak buku terbuka sebagai pemisah

6

Membagi-bagi area pada toko yang kecil itu cukup menantang. Tapi, Anda bisa menaklukkannya dengan menggunakan rak buku terbuka yang tinggi. Selain untuk menampilkan produk juga untuk menciptakan nuansa lapang. Rak buku nan terbuka ini juga sifatnya fleksibel, memungkinkan Anda mengubah tata letak sekaligus posisi barang dagangan dengan mudah.

 

  1. Terangi ruang toko dengan cara berbeda

7

Pencahayaan sangat penting dalam setiap toko ritel, tapi sekaligus riskan jika ruangannya sempit. Cobalah menggunakan kombinasi track lights, lampu, sconce, dan picture lights. Kombinasi ini tidak hanya membuat seluruh ruangan mendapat penerangan yang baik, tapi juga menambah kesan tajam dan variatif.

Demikian tip yang bisa Anda terapkan pada toko ritel Anda. Ada tip lain? Silakan berbagi dengan bebas di kolom komentar.

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX