0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
danny-wicaksono

Rooang.com | Sobat Rooang, sebagian besar muda-mudi masa kini sangat menggandrungi aplikasi yang juga media sosial: Instagram. Dengan Instagram, mereka dapat menikmati sekaligus berbagi karya dalam bentuk foto.

Arsitek tentu saja membutuhkan sosial media seperti ini. Selain sebagai sarana publikasi karya-karyanya, bukan tidak mungkin kita mengetahui sisi lain dari kehidupan seorang arsitek: apa saja objek menarik yang ia temukan saat traveling, benda favoritnya, karyanya di luar arsitektur, dan lain-lain. Nah, untuk itu, tidak peduli apakah Anda pengguna Instagram atau bukan, jangan lupa klik dan atau follow 6 nama arsitek lokal yang kami rekomendasikan berikut ini:

1. Andra Matin

Isandra Matin Ahmad, atau yang akrab dipanggil Andra Matin atau Aang, mengabadikan foto-foto bidikan lensanya di @andramatin.

andramatin

 

2. Imelda Akmal

Imelda Akmal, pemilik Imelda Akmal Architectural Writer Studio, juga tak jarang membagikan foto perjalanannya pula di akunnya yang diberi nama @imeldaakmalvisualdiary.

imeldaakmal

 

3. Yu Sing

Pemilik Akanoma Studio di Bandung ini menggunakan akun Instagram @iniyusing untuk menampilkan karya-karyanya, bahkan makanan dan minumannya.

iniyusing

 

4. Danny Wicaksono

Pemilik Studio Dasar ini menggunakan akun @dnnywcksn untuk berbagi objek-objek arsitektur maupun non-arsitektur.

danny wicaksono

 

5. Adi Purnomo

@mamostudio, menjadi tempat bagi arsitek Adi Purnomo untuk berbagi hasil bidikan lensanya.

mamostudio

 

6. Avianti Armand

Terakhir, wanita yang juga penulis buku “Arsitektur yang Lain” ini aktif di @aviantiarmand.

avianti armand

 

Bagaimana, keenam arsitek yang juga instagrammer di atas sangat menarik dan inspiratif, bukan?

Memang, arsitektur tak hanya terbatas pada seni rancang bangun. Arsitektur juga merangkul fotografi. Jika kita menelisik lebih dalam, akan banyak hal-hal yang tak terduga, yang berhubungan dengan arsitektur. Begitulah yang dilakukan kelima arsitek yang juga instagrammers ini.

Arsitektur sebagai objek fotografi tidak hanya berupa eksterior rumah atau bangunan secara utuh. Struktur dan material pada interior juga merupakan keunikan tersendiri dalam menghasilkan fotografi arsitektur. Selain objek foto yang sudah bagus, alangkah lebih indah jika didukung sudut pengambilan gambar dan pencahayaan yang baik.

Instagram kini tidak hanya sebagai alat untuk memamerkan hasil karya para arsitek ke dunia luar, namun juga dapat berperan sebagai sarana mencari inspirasi bagi siapa saja yang mencari inspirasi tentang arsitektur, khususnya mahasiswa arsitektur.

Selain itu, kini mulai marak lomba instagram. Salah satunya, pada Design Week 2.1 yang diadakan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta, yang berjudul “Ini Jakartaku”. Peserta diharuskan mengunggah foto gedung-gedung unik di Jakarta melalui instagram.

Lalu tentunya Anda masih ingat beberapa waktu lalu, Urbane, sebuah biro arsitektur di Bandung, mengadakan pameran Urbane Decade, bukan?

Pada akhirnya, seiring perkembangan zaman yang semakin canggih ini, media sosial juga makin banyak jenisnya. Apakah dampak yang ditimbulkan negatif, tergantung pada penggunanya. Langkah kecil yang dapat dilakukan oleh arsitek-arsitek ternama tersebut, tentunya juga akan berkontribusi terhadap kemajuan dunia arsitektur.

Anda ingin berbagi foto arsitektur dan interior di Instagram? Silakan saja. Redaksi Rooang juga menunggu foto Anda untuk dibagikan di Rooangku.