Kiat Agar Rumah Anda Punya Karakter

78

Rooang.com |  Anda baru kelar membangun rumah? Dinding rumah masih didominasi warna putih tanpa akses apa pun? Anda pun belum memikirkan akan memasang perabotan apa? Jika tiga pertanyaan tersebut jawabannya iya, maka Anda masih punya peluang besar untuk menjadikan rumah Anda berkarakter. Enam kita berikut ini bisa Anda terapkan.

  1. Detail itu Penting

Agar Rumah Anda BerkarakterBeberapa detail arsitektural yang ditempatkan pada posisi yang tepat, bisa mengubah ruangan yang hambar menjadi tampak hebat. Tambahkan dimensi pada langit-langit rumah dengan panel atau balok. Ini cara yang bagus untuk membedakan antarbagian pada ruang yang luas, semisal dapur, ruang makan, atau ruang besar.

 

  1. Jeli Memanfaatkan jendela

Agar rumah Anda berkarakterMembingkai jendela secara tepat bisa menciptakan suasana baru pada ruangan Anda. Anda bisa memainkan bahan, corak, detail, dan warna pada tirai untuk membuat rumah Anda jadi terlihat lebih dramatis. Secara visual, memasang tirai lebih tinggi dari kerangka jendela pun akan membuat kesan ruang jadi tinggi.

 

  1. Warnai Dunia Anda

Agar rumah Anda berkarakterMengecat adalah cara tercepat untuk meningkatkan tampilan sebuah ruangan. Dan, sedikit sentuhan warna pada tempat yang tak biasa, bisa membuat pengaruh yang besar. Anda bisa mengecat pintu interior dengan warna yang kontras dengan keseluruhan nuansa rumah. Misalnya, pintu Anda cat dengan warna hitam. Di rumah yang sepenuhnya berwarna putih, ini akan memberi sentuhan kustomisasi dan sejarah yang menarik.

 

  1. Perhatikan Skala Ruang

Agar rumah Anda berkarakterBanyak rumah baru yang memiliki langit-langit luas. Jadi, penting bagi Anda untuk menyiasatinya agar tampak seimbang dengan ruang di bawahnya. Ruangan yang besar akan terlihat tidak proporsional dengan perabotan dan aksesoris yang kecil. Untuk dinding yang luas dengan detail kecil atau ukiran yang ramping, cobalah untuk menggabungkannya jadi karya seni yang dibingkai menarik. Atau menjadikannya kerangka cermin. Tapi, tetap ingat untuk membuat aksesorisnya sebagai fokus dan sebanding dengan ukuran dinding. Jika detail-detail kecilnya terlalu banyak, bisa jadi tampak kacau, alih-alih menjadikannya menarik.

 

  1. Jangan Abai Pencahayaan

agar rumah Anda berkarakterPencahayaan yang tepat atau tidak akan lekas mengubah mood ruang. Idealnya, sebuah ruangan seharusnya memiliki tiga tipe pencahayaan, yakni: ambient lighting (terpasang di langit-langit), task lighting (fokus pada area berdasarkan aktivitas tertentu), serta accent lighting seperti sconce (untuk menarik perhatian). Lampu gantung di dapur, sconce di kamar mandi, foyer fixture yang mencolok, atau LED kecil di rak buku bisa membuat suasana di rumah Anda jadi lebih hidup. Atau cobalah pencahayaan terarah ala lampu galeri untuk lorong rumah Anda yang kesan awalnya dingin. Rasakan bedanya.

 

  1. Berani Padu-Padan

agar rumah Anda berkarakter

Padu padan perabotan dan aksesoris nan eklektis bisa memberi rasa nyaman, tampilan yang lebih hidup pada rumah Anda. Anda bisa menambah palet krim, abu-abu, juga emas yang muncul dari animal print warna hitam. Tampilan belang-belang ala zebra bisa menciptakan efek yang lebih dramatis.

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX