Kerennya Perpustakaan Umum di Singapura

perpustakaan-singapura

Rooang.com | Perpustakaan biasanya identik dengan nuansa kaku, ruangan yang agak temaram, rak-rak buku berbentuk kotak warna cokelat, dan hal-hal menjemukan lainnya. Namun, tidak demikian halnya dengan perpustakaan yang satu ini.

Bishan Public Library adalah sebuah gedung berfasad kaca dengan luas bangunan 1.400 m². Gedung yang selesai dibangun tahun 2006 ini menampilkan metafora rumah pohon menjadi sebuah arena baca. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih seru dan menyenangkan.

Penggunaan skylight, teralis, dan kaca berwarna membuat sinar matahari yang masuk bercorak unik dengan ragam warna yang atraktif. Ceruk baca yang terdapat di fasad menjadi daya tarik utama bangunan ini dan menciptakan keunikan untuk menarik perhatian masyarakat, sehingga mereka mau masuk dan belajar di dalamnya.

Sekilas Bishan Public Library tampak tidak hemat energi dengan banyaknya sinar matahari yang masuk dan luas bangunan. Namun, hal ini sudah teratasi dengan adanya strategi spasial yang diterapkan. Sebuah atrium diletakkan di dalam bangunan untuk membiaskan sinar matahari yang masuk, ditambah dengan penggunaan kaca berwarna yang menahan jumlahnya panas yang masuk. Atrium internal ini juga berperan mengatur sirkulasi udara.

Sementara itu, di bagian belakang yang tepat berada di sebelah berat, dindingnya dibuat lebih tebal untuk melindungi bangunan dari matahari sore yang menyengat. Tangga ramp yang sangat landai membantu pengunjung menuju tempat koleksi buku. Bentuknya yang landai membuat pengunjung lebih nyaman berjalan saat ramai.

Untuk merespon menyempitnya area perkotaan, LOOK Architects mendesain perpustakaan ini dengan ruangan yang seefisien mungkin. Selain tangga ramp, tetap disediakan tangga memutar dan lift untuk menjaga jumlah ruang koleksi. Ruang bawah tanah yang terbebas dari kebisingan sengaja didesain untuk anak-anak, untuk membebaskan imajinasi mereka tentang gua dan hal lainnya.

Dari segi desain interior, Anda bisa langsung melihat betapa santai nuansa yang diusung oleh sang desainer. Perpustakaan dipenuhi dengan warna-warna cerah dan area baca yang nyaman. Bahkan pengunjung bisa duduk-duduk di ceruk baca yang ada di bagian fasad, sambil melihat pemandangan kota metropolitan tersebut.

Sudah sepantasnya perpustakaan didesain senyaman mungkin, untuk memaksimalkan kegiatan belajar di dalamnya. Apakah Anda pernah mengunjungi perpustakaan dengan nuansa yang menyenangkan dan arsitektur yang unik? Atau Anda memiliki perpustakaan sendiri di rumah? Kami tunggu foto-foto Anda di Rooangku.

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX