0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
65

Rooang.com | Aboday, sebagai salah satu firma arsitektur ternama di Indonesia, tidak diragukan lagi memang penuh dengan ide-ide inspiratif! Satu lagi karya Aboday yang pantas dilirik, dan dapat menjadi inspirasi hunian anda, Muted House. Menjawab kegelisahan klien yang memiliki lahan di tengah kota.

 

1

Terletak di kawasan Kebayoran Baru, rumah berukuran 260 m² ini terhubung langsung dengan jalan menuju Central Bussiness District Jakarta. Sebuah lahan yang tentu saja dikelilingi kebisingan yang tidak sesuai untuk tumbuh kembang keluarga dengan 3 anak-anak.

Klien membutuhkan sebuah ruang terbuka yang cukup mewadahi aktivitas keluarga, terutama ketiga anaknya. Klien menyatakan, ia tidak memerlukan identitas yang mencolok pada huniannya. Namun, klien menekankan bahwa ruang yang terbuka dan nyaman, menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam desain oleh Aboday.

Dalam berbagai batasan yang ada, apa ide Aboday yang diwujudkan dalam Muted House?

1. Muted!

2

Sang arsitek menjawabnya dengan fasad prisma yang geometris, dengan jarak 5 m dari jalan utama sehingga menjadi ruang serap akustik, mengurangi kebisingan jalanan untuk masuk ke dalam rumah. Fasad pun didesain secara sederhana, dengan warna abu-abu polos dengan bumbu jendela kaca kecil.

Dibarengi dengan dinding putih polos pada interior, sebagai penanda diutamakannya kenyamanan dibandingkan unsur visual yang lain. Area internal pun lebih tenang, sehingga seolah-olah area depan memiliki fungsi “muted“.

2. Void Internal

6

10

Untuk membuat sebuah ruang bermain indoor, arsitek memecah lahan menjadi 2 blok berjarak 4.5 meter. Di antara dua blok ini dibentuk void multifungsional dengan ketinggian 12 meter. Void ini menjadi area perputaran udara, sehingga mengurangi kinerja penghawaan buatan pada rumah.

11

Dengan jendela-jendela yang terbuka dari ruang tidur menju void, mendukung kenyamanan udara pula pada ruang-ruang internal. Pada siang hari, ia menjadi ruang multi-aktivitas, sementara di malam hari mampu membantu regenerasi udara untuk mengurahi panas dan lembabnya Jakarta.

3. Jembatan

9

4

Pada ketinggian 3 meter pada void, terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan kedua blok tersebut. Namun ternyata, jembatan ini tidak hanya berfungsi menjadi penghubung. Sebagai jalur utama dari pantry ke ruang bermain anak, yang menatap langsung ke arah void dan ruang makan menjadikan jembatan sebagai floating playground bagi pengguna. Dihiasi skylight sebagai sumber pencahayaan area, menjadikan ruang penghubung ini semakin semarak.

4. Open Plan

8

3

Denah bangunan meruncing pada salah satu sisi, menciptakan sebuah open plan ruang keluarga. Open plan ini memiliki fungsi menambahkan atmosfer ruang dan keterbukaan. Sementara pada area perpotongan ruang keluarga, menyisakan ruang untuk kolam renang dengan lebar 2 meter sebagai area bermain tambahan bagi anak-anak.

5. Elevasi

12

Permainan elevasi Muted House dilakukan pada dua blok bangunan, dengan blok belakang memiliki 1 lantai lebih tinggi. Dua lantai ini digunakan sebagai ruang tidur utama, yang memiliki view pada sebuah lorong kecil dan Central Business District.

[Sumber: aboday ©]