0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
perkakas-ruangan-retro

Rooang.com | Gaya retro mengacu pada tren yang ada pada era 50-an sampai 80-an. Selain dalam hal fashion, gaya retro juga banyak diadaptasi dalam desain ruang. Sama seperti gaya interior lainnya, menerapkan gaya retro ini juga gampang-gampang susah. Apalagi jika Anda tidak tahu seperti apa ciri utama gaya tersebut.

Salah satu hal yang pasti, bahwa ciri dari setiap gaya interior pasti dibawa oleh perkakas yang diletakkan. Untuk itu, kenali dulu seperti apa perkakas yang mewakilinya. Berikut ini aneka perkakas ruangan bergaya retro.

1. Poster

Poster artis atau penyanyi pada era 50-an dan 80-an yang dicetak ulang akan membawa nuansa rumah menjadi retro. Desain poster banyak tersedia di internet, Anda tinggal mencetaknya sendiri. Mudah, bukan?

2. Bufet jengki

Bufet terdiri atas 2 jenis, yang tinggi-besar dan yang kecil menyerupai meja. Bufet jengki adalah jenis bufet dengan desain jadul ala tahun 1900-an. Bentuknya tidak minimalis, tapi juga tidak rumit, seperti yang bisa Anda lihat pada foto-foto di atas.

3. Meja-kursi

Ciri kursi makan retro adalah memiliki kaki panjang nan ramping dengan dudukan berbantalan tipis atau tidak ada bantalan sama sekali. Untuk kesan lebih mewah, gunakan kursi plastik semacam Eames. Untuk yang berkesan nuansa pedesaan, gunakan kursi kayu jati. Namun, kini keduanya berharga sama-sama mahal.

Sofa berdesain sederhana. Umumnya berbentuk kotak panjang dan agak kaku. Ini karena pada era tersebut belum banyak yang mempertimbangkan kesehatan punggung dan kenyamanan maksimal. Bahan kulit adalah yang paling bagus. Kaki sofa dan pouf kecil, ramping, dan mengerucut ke bawah. Selain sofa, di Indonesia pada tahun 50-an sampai 90-an banyak terdapat kursi-kursi anyaman bambu dengan meja bulat marmer. Set kursi ini biasa digunakan untuk ruang tamu.

Meja juga memiliki kaki yang kecil, ramping, dan mengerucut. Meja kopi dan nakas memiliki bentuk-bentuk sederhana tapi cukup menarik seperti palet cat, di samping bentuk standard seperti bulat dan kotak. Ada yang berlaci di bagian bawah, biasa digunakan untuk menaruh majalah atau koran.

Meja ruang makan sangat sederhana, berbentuk kotak atau bulat. Nakas umumnya memiliki laci dan biasa disebut dengan nakas jengki. Bahan yang paling banyak dipakai adalah kayu untuk interior dan besi/logam untuk eksterior.

4. Lampu

Lampu-lampu retro memiliki bentuk sederhana dengan material kap lampu gantung dari logam. Dulu, warnanya hitam atau putih. Agar lebih modern, berikan warna-warna pastel agar ruangan jadi lebih ceria.

5. Kepala binatang

Ingat, di rumah nenek pernah ada patung atau binatang yang dipalsukan? Ada juga kepala binatang yang dipajang di dinding. Biasanya binatang yang umum digunakan adalah rusa, sementara binatang yang diawetkan lalu dipajang adalah kura-kura dan musang. Kami tidak menyarankan Anda untuk membunuh binatang, mengambil kepalanya, untuk diawetkan dan dipajang, karena jelas itu bukan hal yang baik. Namun, coba lihat replika kepala binatang di atas. Manis bukan? Ada juga yang dibuat dari kertas kardus. Sangat vintage dan cerdas.

6. Kulit binatang

Dulu, orang biasa memajang kulit binatang di dinding, dijadika kanvas lukisan. Sementara di luar negeri, kulit binatang dijadikan karpet. Memajang kulit kambing palsu seperti ini di dinding akan menambah kesan retro di ruang keluarga.

7. Ranjang

Untuk menciptakan kesan retro, pilih ranjang dari besi dan memiliki kanopi. Ranjang ini akan mengingatkan Anda pada masa kecil yang menyenangkan.

Di mana membeli semua perkakas itu?

Barang-barang bernuansa retro bisa dibeli di gerai-gerai besar yang ada, namun harganya sangat fantastis. Satu poster dengan frame bisa berharga sampai lebih dari seratus ribu. Apalagi furnitur, bisa mencapai puluhan juta. Jika berminat, beli saja furnitur bekas lalu bawa ke tukang servis untuk diperhalus sampai tahap finishing.

Sudah mengumpulkan semua perkakas di atas? Kalau sudah, Anda bisa menata rumah. Foto-foto berikut bisa jadi inspirasi Anda. Selamat mencoba, ya! Jangan lupa bagikan foto ruangan favorit Anda di Rooangku.