Tip Membersihkan Rumah Setelah Banjir

membersihkan rumah pasca banjir

Rooang.com | Rumah adalah aset yang sangat berharga. Karenanya, bangunan ini harus dijaga dengan maksimal. Sayangnya, pada musim hujan seperti sekarang, rumah-rumah di sebagian daerah terpaksa terendam banjir. Agar tidak lekas rusak, rumah harus dibersihkan segera setelah banjir surut. Jika tidak, kuman akan bersarang. Belum lagi kerusakan pada furniture, lantai, dan dinding. Perhatikan petunjuk berikut ini agar Anda bisa membersihkan rumah dengan benar.

1. Siram dengan air bersih

Setelah Anda membersihkan semua lumpur dan air kotor yang masuk, bilas seisi rumah dengan air bersih. Air bersih akan mengguyur sisa-sisa kotoran yang ada pada bekas banjir, sehingga bakteri dan jamur tidak tinggal. Setelah diguyur, segera keringkan agar tidak membuat dinding dan lantai menjadi lembab, yang bisa mengakibatkan kerusakan.

2. Keringkan perabot rumah

Sambil Anda membersihkan lumpur, air kotor, dan membilas seisi rumah, keluarkan perabotan yang terendam. Singkirkan juga kotoran yang melekat dengan air bersih. Pengeringan ini akan mengurangi potensi tumbuhnya lumut dan jamur serta pelapukan di perabotan Anda, terutama yang terbuat dari kayu.

3. Gunakan cairan pembersih

Sering kali, air bersih saja tidak cukup untuk membunuh kuman penyebab penyakit. Akhirnya, penghuni seisi rumah terkena penyakit seperti gatal-gatal dan diare. Gunakan cairan pembersih pada dinding, lantai, kamar mandi, kabinet dapur, dan perabotan yang terdampak kotoran selama banjir.

4. Cek kerusakan

Banjir yang cukup lama akan merusak sebagian isi rumah, seperti dinding, lantai, dan saluran air. Belum lagi atap dan pintu yang akan bergeser. Cek semua kerusakan ini dan segera perbaiki segera setelah hujan dan banjir reda. Jangan tunggu sampai kerusakan menjadi parah.

5. Rebus alat-alat dapur

Semua peralatan dapur, seperti alat masak dan makan sebaiknya direndam dengan air panas yang telah mendidih. Ini untuk menyingkirkan bakteri-bakteri yang ada. Baru kemudian cuci dengan pembersih peralatan dapur.

6. Alat pelindung tubuh

Banjir membawa banyak kotoran, mulai dari sampah sampai bermacam limbah. Selama membersihkan rumah, jangan lupa mengenakan pakaian yang tertutup, lengkap dengan sepatu boot, sarung tangan, serta masker jika diperlukan. Dengan begini, Anda akan terhindar dari segala bakteri penyebab penyakit.

7. Mengecat ulang

Banjir mengakibatkan tampilan rumah jadi kusam dan buruk rupa. Akan muncul bercak basah di dinding, lalu menimbulkan pengelupasan cat. Sementara warna furnitur akan jadi kusam dan pudar. Tapi, Anda jangan terburu-buru mengecat ulang. Tunggu sampai semuanya benar-benar kering dahulu, baru dicat ulang.

Jangan merasa ribet, ya. Semua ini perlu dilakukan demi menjaga rumah tetap indah dan kesehatan tubuh terjaga. Selamat bersih-bersih!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX