6 Pasar Apung di Indonesia

nusantara-asia-pasar-terapung-muara-kuin-pasar-terapung

Rooang.com | Pulau-pulau besar di Indonesia, macam Kalimantan, Sumatera, dan Papua memiliki sungai yang panjang dan lebar. Sungai ini memiliki potensi tidak hanya sebagai jalur transportasi dan untuk menangguk ikan, namun ada pula yang dijadikan sebagai pasar apung. Yang paling populer dan banyak diekspos karena keunikannya, tentu saja Pasar Apung Muara Kuin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Keunikan itulah yang kemudian memancing pihak-pihak lain untuk membangun pasar apung. Meski di tempat buatan, bukan di sungai ala Pasar Apung Muara Kuin, namun ini hal yang menggembirakan tentu saja. Masyarakat perkotaan pun memiliki alternatif destinasi wisata, tidak melulu main ke mal.

Berikut 6 pasar apung yang menarik di Indonesia.

Pasar Muara Kuin

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/53/Traditional_Floating_Market_Kuin_River.jpgimage credit

Jika Anda generasi 90-an, tentu tidak asing dengan iklan tv seorang nenek yang mengacungkan jempol di atas perahu berlatar pasar apung. Ya, lokasi pengambilan video tersebut di Pasar Apung Muara Kuin. Di sini, para pedagang bertransaksi di atas perahu atau istilah orang Banjar, jukung. Baik buah-buahan, sayuran, makanan, hingga peralatan rumah tangga diperjualbelikan di sini. Pasar apung di Banjarmasin ini terletak di persimpangan Sungai Kuin dan Sungai Barito. Keunikan pasar ini mencerminkan budaya orang Banjar. Anda bisa datang ke sini, tidak sekadar untuk foto-foto namun juga naik jukung dan menikmati kuliner dan suasana hiruk-pikuk pasar ini.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX