The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_5

Rooang.com | Masih dalam rangka Hari Film Nasional yang diperingati setiap 30 Maret, redaksi Rooang akan membahas gedung bioskop dan pusat seni. Inilah sebuah gedung di Rye, East Sussex yang dulunya merupakan bangunan sekolah.

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_8

Jonathan Dunn Architects mengubah gedung sekolah bergaya Victoria ini menjadi gedung bioskop dua layar.

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_2

image credit

Fletcher in Rye membeli lahan ini setelah merencanakan untuk dijadikan rumah yang akhirnya dibatalkan dan diubah menjadi proyek untuk mempromosikan film dan seni.

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_1

image credit

Hasilnya ialah sebuah bioskop yang dinamakan The Kino, yang mengadakan acara teater, balet, opera, dan pemutaran acara olahraga dan film, di mana sebuah galeri besar di bagian belakang lahan didesain sebagai tempat untuk mengadakan pameran seni.

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_0

image credit

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_9

image credit

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_10

image credit

Lahannya terletak di jantung Benteng Rye, sebuah lahan konservasi dengan akses lahan yang aneh. Tujuan desainnya ialah menggunakan kembali eksisting bangunan sebisa mungkin dan menghilangkan elemen-elemen 1950-an dan menggunakan bukaan yang telah dibentuk sebelumnya, kata sang arsitek.

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_3

image credit

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_2

image credit

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_1

image credit

Para arsitek memperbaiki batu-bata merah dan genteng, dan menambahkan cladding kayu untuk mengakomodasi penghubung antara dua auditorium, satu dengan kapasitas 100 orang, dan yang lain untuk 50 orang. Penambahan dilakukan dengan seragam, yaitu ditambahkan kayu cedar merah untuk memberikan kontras dengan detail gedung Victoria yang rumit. Auditorium juga diberi atap sedum untuk menyerap kebocoran suara.

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_5

image credit

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_3

image credit

“Konsepnya ialah membuka view ke atap-atap bangunan di Rye dan menara gereja untuk mereferensikan konteks sebelum penonton memasuki auditorium,” tutur para arsitek, yang mengikuti garis atap bangunan eksisting untuk membuat penambahan.

“Bentuk atap juga sangat penting karena menara gereja tampak langsung di atas lahan dan merupakan tempat yang paling sering dikunjungi di kota ini.”

 

Struktur seperti gudang dengan atap membungkus tangga yang mengarah ke ruang proyeksi di atas bioskop. Sebuah koridor menghubungkan antara dua layar dan box office dan kafe.

(Baca juga: Pop-Up, Kafe Unik nan Eksentrik di Bangkok)

Cladding bergaris di sekitar dinding box office dan kafe menyembunyikan kabel dan utilitas, serta dirancang untuk mewakili frame dari strip film lama menurut sang arsitek.

Fitur ini terus berlanjut ke auditorium, di mana lampu downlight berwarna diletakkan di bawah ujungnya untuk menerangi tangga akses ke tempat duduk bertingkat.

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_4

image credit

“Dua belas rusuk pada panel adalah strip yang lebih luas untuk mewakili 12 frame per detik berdasarkan film bisu zaman dahulu dan ketika mata mulai membaca gerakan,” jelas sang arsitek.

Di dalam kafe, lampu-lampu gantung dengan gaya industrial digantung di atas meja. Tempat duduk terletak di lantai mezanin di atas pintu masuk dan box office.

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_7

image credit

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_11

image credit

The-Kino-Rye-by-Jonathan-Dunn-Architects_dezeen_468_6

image credit

The Kino adalah sebuah ide brilian untuk meningkatkan nilai sebuah ruang bukan, sobat Rooang?

Sumber:
http://www.dezeen.com
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!