Mengapa Banyak Gedung Miring di Brazil?

gedung miring di Santos Brazil

Rooang.com | Jika Anda travelling ke Santos, Brazil, Anda akan melihat sejumlah gedung yang miring. Terlihat seperti domino yang akan rubuh menabrak papan domino alias gedung lainnya. Gedung ini tentu bukan Menara Pisa yang ada di Italia, melainkan sederetan apartemen dan gedung komersil yang sampai saat ini masih dihuni. Bukan hanya 1 atau 2 gedung, melainkan hampir 100 gedung di pesisir pantai itu miring.

Penyebabnya tidak lain adalah karena pondasi yang dangkal, hanya sedalam 4—5 meter. Padahal, lapisan tanah di Santos tidak baik. Di bagian permukaan tanah, ada lapisan pasir sedalam 7 meter. Di bawah lapisan pasir ada lapisan tanah liat gembur yang tidak stabil sedalam sekitar 30—40 meter. Lapisan inilah yang tidak kuat menahan beban gedung bertingkat dan membuat pondasi bangunan jadi tidak kokoh. Seharusnya, pondasinya menembus lapisan batuan di kedalaman 50 meter. Akibatnya, gedung pun miring mulai dari 0.5—1.8 meter ke samping, nyaris rubuh ke bangunan sebelahnya.

Bangunan-bangunan yang miring ini memang bukan gedung baru. Sekitar 90 gedung yang miring tersebut dibangun pada periode 1940—1960an. Sementara, pada waktu itu pemerintah beserta arsitek setempat belum menyadari kondisi alam yang ada. Tidak ada peraturan ketat mengenai seberapa dalam pondasi gedung harus dibangun. Barulah ketika ada bangunan yang jelas terlihat miring pada tahun 1968, pemerintah mengeluarkan aturan untuk membuat pondasi lebih dalam lagi.

image credit

Tentu pihak-pihak terkait sudah melakukan usaha untuk memperdalam pondasi yang ada, sehingga gedung bisa lebih layak huni dan aman. Namun, untuk menambah kedalam pondasi, dibutuhkan dana yang tidak main jumlahnya. Pada tahun 1995—2010 gedung Nuncio Malzoni menambah lapisan pondasinya dan menghabiskan dana $1,5 juta. Jumlah dana tersebut tentu sudah naik berkali lipat saat ini. Renovasi yang membutuhkan waktu hampir 6 tahun itu akhirnya membuat Nuncio Malzoni sebagai satu-satunya gedung yang tegak di antara deretan gedung miring di kawasan tersebut.

Masalah secara langsung tentu dialami oleh para pemilik dan penghuni gedung apartemen. Harga apartemen langsung anjlok begitu diketahui ada masalah fatal di bawahnya. Para penghuni memang tidak bisa berbuat banyak selain mencoba untuk membiasakan diri tinggal di dalamnya. Meski demikian, mereka tetap menunggu adanya solusi cepat dan aman.

Sekilas, kita akan menilai bahwa bangunan-bangunan miring ini merupakan fenomena yang unik dan lucu. Padahal ini merupakan masalah yang sangat serius dan bisa mengancam keselamatan jiwa. Tetaplah mengambil pelajaran berharga dari setiap kisah yang ada, terutama jika Anda hendak membangun rumah di lahan yang tanahnya gembur.

Sumber:
 www.gringoes.com
 www.amusingplanet.com
 www.skyscrapercity.com

image credit

 

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX