Tip Memasang Ubin dengan Pola Zig-zag

lantai zig zag

Rooang.com | Apa sih yang bisa kita lakukan untuk mendekorasi lantai? Paling-paling hanya menyusunnya secara konvensional dengan bentuk kotak-kotak. Padahal, seperti bagian lainnya di rumah, lantai pun bisa dibuat lebih attraktif, salah satunya adalah menyusun ubin dengan pola zig-zag. Bagaimana caranya?

1. Pilih ubin

Sebaiknya Anda memilih ubin yang berbentuk persegi panjang. Untuk ruangan atau rumah yang kecil, pilih juga ubin yang kecil berukuran 15cm X 30cm atau 20cm X 40cm. Untuk ruangan yang cukup luas, gunakan ubin berukuran 30cm X 60 cm. Ukuran ini sebenarnya terlalu lebar untuk dibuat pola zig-zag, karena perbandingan lebar dan panjangnya adalah 1:2. Jadi sebaiknya potong dulu menjadi ukuran 7,5cm X 30cm, 10cm X 40 cm, atau 15cm X 60 cm. Tapi, Anda bisa juga membuat ukuran lain yang sesuai selera.

2. Pilih model zigzag

pola chevron image credit

image credit

Ada 2 jenis model zig zag, yaitu pola duri ikan (herringbone) atau zig zag chevron. Pada pola zig zag biasa, bagian tepi dari ubin yang sudah Anda potong jadi 2 harus dipotong lagi, karena ubin seharusnya berbentuk jajaran genjang. Sementara, pola duri ikan lebih mudah dipasang dan tidak memerlukan pemotongan.

3. Ukur dan sesuaikan ubin

image credit

Pada setiap bagian tepi, Anda harus menyesuaikan bentuk dan ukuran ubin dengan bentuk/ukuran ruangan. Dengan pola zig-zag, pasti ada banyak ubin yang harus dipotong agar bisa dipasang di bagian tepi ruangan. Buat skema terlebih dahulu, potong ubin sesuai kebutuhan. Bila perlu, buat sketsa dan beri nomor pada ubin yang sudah dipotong sesuai gambar sketsa.

4. Pasang ubin

Setelah semua bahan dan alat disiapkan (semen, pasir, air, ubin, benang, cetok semen, nat, dkk), sekarang tinggal dipasang ke lantai. Jika diperlukan, pasang benang terlebih dahulu untuk membantu agar pemasangan tepat dan rata. Aplikasikan campuran semen pasir dan air ke lantai, sedikti-demi sedikit. Letakkan ubin dengan presisi, lalu ketuk-ketuk dengan palu karet. Aplikasikan lagi campuran semen, dan begitu seterusnya sampai semua permukaan tertutup ubin.

5. Pengisian nat

Setelah 24 jam waktu berselang dari selesainya pemasangan, aplikasikan nat ke sela-sela ubin dengan merata. Selama 2—3 hari, jangan sampai ada yang menginjak lantai tersebut. Tunggu sampai lantai benar-benar kuat. Setelah semua tahap dilalui, bersihkan lantai Anda dari sisa-sisa debu. Masukkan kembali perabotan rumah.

Pemasangan ubin dengan pola zig zag sebenarnya tidak membutuhkan teknik yang rumit. Anda hanya harus teliti dalam menghitung dan memotong ubin agar terpasang presisi dan hasilnya bisa bagus. Selamat mencoba!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX