5 Desain Ruang Terbaik yang Dapat Menyehatkan Tubuh

guthrie_green_tulsa_01

Rooang.com | Tidak ada orang yang tidak menginginkan tubuh yang sehat. Beragam cara ditempuh untuk menyehatkan raga manusia, seperti makan makanan bergizi dan olahraga yang cukup. Dalam dunia arsitektur dan desain, seorang desainer atau arsitek juga bisa berpengaruh dalam proses peningkatan kualitas kesehatan manusia. Misalnya, dengan merancang suatu bangunan dengan sirkulasi udara yang sehat. Atau, dengan merancang bangunan yang lebih mengedepankan proses gerak tubuh manusia.

Baru-baru ini diadakan kontes penghargaan “Active Design” di Kota New York untuk mencari ruang atau tempat dengan desain yang dapat meningkatkan kesehatan manusia. Kontes ini ditujukan bagi para arsitek, desainer, dan urban planner untuk menciptakan ide dalam pekerjaan utama mereka dengan misi mengambil peran dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat sebagai pengguna ruang.

Pusat untuk Active Design yang berada di New York mulanya didirikan oleh ahli kebijakan kesehatan publik dan mantan Walikota Michael Bloomberg. Gerakan ini bekerja untuk membentuk dan mempopulerkan prinsip-prinsip yang memandu pemikiran desain aktif. Dalam kontes penghargaan yang kedua ini, panel juri luar memilih enam teladan “desain aktif” yang dibangun atau diterbitkan pada tahun lalu yang masuk setidaknya satu dari empat kategori: transportasi aktif, rekreasi aktif, bangunan yang aktif, atau akses makanan sehat.

Redaksi Rooang akan menampilkan lima pemenang ide desain aktif terbaik dengan desain yang menyehatkan berikut ini.

1. City of Pontevedra, Spain

Image credit

Image credit

Kota Pontevedra di Spanyol ini telah berusaha menjadi kota percontohan dengan desain yang aktif sejak tahun 1999. Tujuannya adalah ingin mentransformasikan seluruh bagian kota untuk membuat masyarakatnya aktif berjalan kaki dan bersepeda daripada naik kendaraan bermotor. Masterplan kotanya lebih mengedepankan masyarakat dan ruang publik dengan memperluas trotoar, meningkatkan penerangan jalan dan menanam 400.000 pohon. Hari ini, 81% pelajar di kota tersebut berjalan kaki untuk pergi ke sekolah. Dari tahun 1996 sampai 2014, kemacetan kota telah menurun sebesar 70%. Tidak ada korban kecelakaan lalu lintas selama sebelas tahun. Tak salah jika kota ini dinobatkan pada posisi pertama ajang “Active Design Award 2015”.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX