6 Tip Desain Taman untuk Halaman Samping yang Sempit

Rooang.com | Halaman yang sempit kerap menimbulkan ‘galau’, bagaimana caranya agar ruang mungil ini tampak cantik. Sejauh ini, biasanya halaman samping rumah malah jadi tempat menaruh barang-barang tak terpakai. Kalaupun tidak, hanya akan dihijaukan dengan rerumputan.

Sekaranglah saatnya membuat halaman samping yang sempit jadi taman mungil nan cantik. Beberapa tip berikut ini bisa jadi inspirasi sebelum Anda mulai merenovasi halaman samping.

image credit

1. Pijakan kaki

Tetap harus ada area jalan setapak di halaman samping yang sempit, sehingga memudahkan Anda untuk merawat tanaman dan memperbaiki bagian rumah sewaktu-waktu.

2. Variasi tanaman

Perbanyaklah variasi tanaman, meski halaman tersebut hanya selebar 1,5 meter atau kurang. Jenisnya adalah tanaman semak atau perdu. Jangan menanam pohon yang bisa tumbuh besar, kecuali Anda hendak membuat bonsai. Untuk membuat kesan lebih hijau, tanam dolar atau anggrek di dinding.

3. Pilih rumput atau batu taman

Karena sudah ada aneka tanaman dan pijakan kaki, kemungkinan besar akan sulit untuk menempatkan batu hias dan rumput sekaligus. Pilih salah satu, toh keduanya sama-sama bisa menyerap air hujan.

image credit

image credit

4. Tambahan karya seni

Jika Anda suka, letakkan patung atau karya estetis lain untuk menambah keindahan halaman.

5. Penataan tanaman

Di halaman yang luas, Anda bisa menyusun tanaman sesuai level ketinggiannya. Di halaman sempit,  tanaman hanya bisa disusun sejajar di tepi-tepi halaman, dengan tidak banyak level.

6. Lampu

Untuk memperindah sekaligus menerangi, pasang lampu di halaman. Bisa lampu spot atau lampu hias yang dipasang di dinding.

image credit

image credit

image credit

image credit

Sudah mendapatkan inspirasi untuk halaman samping Anda yang sempit? Semoga berhasil, ya!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX