Cara Mudah Membuat Dinding Kayu Palet

Rooang.com | Ada banyak sekali cara untuk mendekorasi dinding. Selain dengan pengecatan dan pelapisan dengan wallpaper, dinding interior rumah bisa juga dipercantik dengan menempelkan papan-papan kayu palet sampai memenuhi dinding tersebut. Hasilnya dinding akan tampak lebih modern dan berkelas. Apalagi jika di sekitar rumah Anda banyak sisa kayu palet berserakan, cara ini juga akan membereskan pemandangan berantakan akibat tumpukan kayu palet.

Penasaran bagaimana caranya? Jangan khawatir, berikut kami berikan tipsnya untuk Anda.

Yang diperlukan:

  • Kayu palet dengan jumlah sesuai kebutuhan dan ukuran dinding
  • Triplek sesuai ukuran dinding
  • Cat kayu berkualitas beserta kuas
  • Bor sekrup
  • Sekrup
  • Ampelas
  • Gergaji
  • Cairan pengawet kayu

Langkah-langkah membuat dinding kayu palet

  1. Lepaskan kayu-kayu di palet sehingga terpisah satu per satu. Sebaiknya siapkan palet kayu dengan jumlah cukup banyak, karena tidak semua kayu dalam kondisi bagus. Ditambah lagi, proses pelepasan paku terkadang akan merusak bentuk kayu.
  2. Bersihkan kayu dari sisa-sisa kotoran, lalu rendam dalam larutan pengawet kayu. Lakukan sesuai petunjuk aplikasi. Biasanya, perendaman ini bisa membutuhkan waktu sampai berhari-hari.
    Bagi kayu ke dalam 2 kelompok, yaitu kecil dan besar. Hal ini karena ukuran kayu palet tidak selalu sama. Nantinya, penyusunan akan disesuaikan dengan ukuran ini. Kecil dengan kecil, besar dengan besar.
  3. Ampelas kayu palet sampai benar-benar halus. Bila perlu, potong bagian yang tidak rata. Kondisi tidak rata akan membuat dinding Anda jelek.
  4. Lakukan pengecatan dan pemelituran. Hal ini berguna agar tampilannya lebih bagus, serta tidak mudah lapuk dan diserang rayap. Tunggu selama 1 hari atau sampai kayu benar-benar kering.
  5. Potong triplek sesuai ukuran dinding.
  6. Tempelkan triplek dengan sekrup. Sekrup dipasang di ujung atas, tengah atas, tengah bawah, dan bawah. Dengan begini, triplek tidak mudah lepas.
  7. Pasang kayu palet dengan sekrup secara horizontal. Kayu palet disusun sesuai ukuran. Menyusunnya dari bagian atas dahulu, lalu ke bawah. Kayu dipasang seperti penyusunan bata, selang-seling.
  8. Sesuaikan pemasangan dengan keberadaan stop kontak dan saklar lampu. Potong bagian yang menghalangi saklar atau stop kontak tersebut.

Tips:

  • Pastikan dinding benar-benar rata, sehingga pemasangan triplek maupun kayu palet bisa lebih bagus dan rata.
  • Untuk hasil yang lebih unik, berikan warna cat yang berbeda untuk beberapa slat kayu, lalu disusun secara random. Hasilnya dinding akan terlihat lebih rustic.
  • Palet kayu bisa juga dipasang tidak ke seluruh bagian dinding, sehingga tetap terlihat permukaan dinding yang dicat.

Mudah, bukan? Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Sumber:
 www.justagirlblog.com
 homeguides.sfgate.com
 projectnursery.com
 www.prettyhandygirl.com

image credit

image credit

image credit

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX