Tumbuhkan Cinta di Warung Salse Bandung

DSCF3169

Rooang.com | Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata ‘warung’? Mungkin yang ada di benak Anda ialah bangunan non-permanen terbuat dari anyaman bambu, berisi makanan-makanan yang digantung di sekitarnya.

Di Bandung, tersebutlah sebuah ‘warung’ bernama Warung Salse. Namun, tak seperti definisi warung pada umumnya, ‘warung’ ini memiliki desain yang sekilas mirip dengan 2121 Design Sight di Jepang. Jelas, hal itu dikarenakan atap metal besarnya yang menyentuh tanah.

DSCF3229image credit

Arsitek di belakang gedung ini ialah Baskoro Tedjo. Ia adalah perancang Selasar Sunaryo yang juga berada di Bandung. Sedangkan desainer lanskapnya ialah Andre Gunarsa Kidarse dan Ruang Hijau. Tak ketinggalan, Erwin Meyer dan Starkx sebagai desainer turut menjadikan interior Warung Salse seperti itu.

Warung Salse merupakan bagian dari kompleks resort yang terdiri dari 8 buah villa yang dilengkapi dengan amphiteather di atas sungai kecil dibawah kaki pegunungan, serta ruang pertemuan dan spa di tengah rimbunnya pepohonan yang terletak di area bawah dari lahan.

 

DSCF3230

image credit

Dindingnya menggunakan penyelesaian yang minim, namun diramaikan dengan dedaunan pohon bambu. Entrance parkirnya menggunakan perkerasan berupa batu cobble stone dan grass block untuk area parkir kendaraan. Struktur frame metal dan kaca untuk area entrance menjadi area penerima utama sebelum memasuki bangunan ini.

Area bidang atap utama yang menempel pada bidang bawah dijadikan area untuk meja kasir, juice and beverage bar. Area makan utama juga bersebelahan langsung dengan open kitchen.

 

000010

image credit

000014

image credit

Bangunan ini menggunakan frame kaca dengan permainan modular kaca, yaitu fixed frame glass dengan beberapa ukuran yang berbeda dan beberapa desain jendela pivot yang dapat dibuka dan dipasang secara horizontal. Bidang jendela yang besar ini juga memungkinkan pertukaran udara, pencahayaan alami, serta menciptakan kesan luas.

DSCF3113

image credit

(baca juga: Kuliner Arsitektur, Inovasi Menikmati Kombinasi Makanan & Arsitektur)

Salse 1

image credit

Untuk tempat makan sekelas Warung Salse, penggunaan warna dominan coklat dan putih, memberikan efek menenangkan dan nyaman. Lantai berwarna tembaga senada dengan kusen jendela, serta kolom baja turut menambah ketenangan di tempat ini.

 

DSCF3169

image credit

Pengunjung dapat melihat pemandangan berupa hutan, pepohonan, perkebunan, perbukitan, dan perkampungan di sekitarnya. Selain itu, udara sejuknya juga membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Salse 2

image credit

Lantai bawah dari warung ini berbentuk seperti teras besar dengan penggunaan lantai dek kayu. Sedangkan sofa-sofa besar cocok untuk digunakan jika tamu datang dalam jumlah banyak. Desain bukaan di lantai bawah juga lebih besar.

000013

image credit

(baca juga: Suasana Melankolis di Kafe Baca Little Wings)

Tertarik mengajak teman atau pasanganmu ke Warung Salse di Bandung? Punya foto restoran atau rumah makan yang unik? Bagikan di Rooangku, ya.

Sumber:
http://bandungdiary.blogspot.com
http://deufs.com/archives/warung-salse
http://valeuretmemorable.wordpress.com

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX