Inspirasi Fasad Kolonial Modern untuk Rumah Anda

rumah gaya kolonial modern

Rooang.com | Salah satu elemen yang membuat rumah tampak menarik adalah bagian fasadnya. Fasad atau wajah bagian depan rumah akan mencerminkan karakter rumah secara keseluruhan. Model fasad yang beberapa tahun ini merajai rumah-rumah baru di Indonesia tidak lain adalah model fasad minimalis dengan aneka variasi secondary skin. Tidakkah Anda merasa bosan?

Bagi Anda yang sudah mulai jenuh dengan gaya minimalis, dan ingin tampil beda di rumah baru nantinya, maka fasad bergaya kolonial modern bisa jadi salah satu pilihan. Seperti yang Anda tahu, rumah bergaya kolonial merujuk pada gaya bangunan tua yang kokoh dan kental dengan arsitektur Eropa masa lampau.

Fasad kolonial modern memadukan antara nuansa kolonial yang penuh nostalgia dengan kesegaran masa kini. Ada beberapa cara yang bsia diterapkan untuk mendapatkan fasad model ini, dengan mengacu pada ciri khas rumah-rumah kolonial.

image credit

Cara pertama adalah dengan menggunakan pintu atau jendela yang cukup besar. Ada 2 jenis daun pintu/jendela, yaitu dari slat-slat kayu dan dari kaca-kaca kotak. Kaca patri memiliki gaya klasik, tetapi sulit dipadukan dengan gaya masa kini dan sangat tematis. Bila perlu, buat jendela/pintu dengan bentuk setengah lingkaran di bagian atas.

image credit

Trik kedua adalah dengan memasang aksesoris tambahan seperti kanopi/awning dan lampu halaman. Awning yang disarankan adalah awning kain dengan bentuk melengkung, sedangkan lampu halaman yang bergaya vintage.

image credit

Pilar bundar di area teras akan menambah nuansa kolonial di rumah. Selain berfungsi sebagai penyangga, pilar ini juga sangat indah dan menambah kelembutan di rumah. Pilar teras juga bisa dimodifikasi dengan gaya mediterania seperti foto ini. Rumah kolonial juga biasanya memiliki bagian yang menjorok berbentuk setengah lingkaran, dilengkapi jendela-jendela kaca yang agak tinggi.

image credit

Untuk warna, putih dan hitam merupakan pilihan yang terbaik. Variasi warna putih dikombinasikan dengan warna yang lebih vintage, misalnya dengan pemilihan tegel klasik dan memasang batu tempel di dinding luar. Warna netral lain seperti beige dan krem juga bagus, tetapi akan menambah kesan tua.

Anda sudah mendapatkan inspirasi? Selamat membangun rumah!

image credit

image credit

image credit

image credit

image credit

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX