0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
Formal-and-Warm-Living-Room-with-Area-Rugs

Rooang.com | Terkadang keputusan untuk mendekorasi rumah yang paling sulit adalah bagaimana menata furnitur yang sudah terlanjur dibeli. Apalagi ruangan di dalam rumah tidak begitu lapang, alias sempit. Seorang ahli desain interior menemukan cara tepat untuk menata furnitur dalam ruangan yang sempit agar terlihat lapang. Bagaimana tekniknya?

Sebelum Anda mulai memindah-mindahkan furnitur ruangan Anda, tak ada salahnya untuk mencoba memvisualisasikannya terlebih dahulu. Secara digital, Anda dapat menggunakan game perencana ruang seperti Urban Barn, BHG, atau Pottery Barn. Namun jika tak ingin repot, Anda juga bisa mulai merancangnya di atas kertas grafik, dan menggunakan metode pengukuran 1 persegi = 1 meter.

Potong beberapa potongan kertas sesuai dengan ukuran furnitur dalam ruangan yang hendak ditata. Dan ya, cobalah berkreasi memindahkan potongan – potongan furnitur hingga Anda menemukan penataan yang Anda suka. Hindari pemakaian teknik “line the walls” atau menata furnitur dengan posisi mepet atau menyejajari dinding. Karena terbukti bahwa teknik “line the walls” ini malah membuat ruangan Anda tampak sempit dan membosankan.

Konsentrasi penataan dilakukan untuk furnitur yang memiliki ukuran besar. Mengosongkan ruangan akan memberikan gambaran yang lebih terfokus terhadap penataan furnitur yang berukuran besar agar sesuai satu sama lain. Dengan kata lain, furnitur yang besar memiliki peran penting di dalam ruangan. Maka dialah yang akan jadi titik pusat penataan dalam ruangan tersebut.

Metode ini adalah yang paling dasar dalam penataan ruangan. Di bawah ini beberapa contoh sebelum dan sesudah penataan furnitur dengan teknik di atas.

Image credit

Coba juga penataan furnitur dengan posisi diagonal. Tidak semua furnitur, tetapi hanya satu atau beberapa furnitur saja. Penataan furnitur secara diagonal juga dapat memberikan tampilan menarik di dalam ruangan tersebut, tidak hanya dapat memberikan kesan lapang.

Image credit

Image credit

Image credit

Terakhir, setelah Anda berhasil melakukan penataan dengan benar, bukan berarti Anda berhenti sampai disini. Mungkin Anda perlu untuk berfikir ulang tentang apakah furnitur tersebut masih Anda perlukan. Atau mungkin ada kursi yang ternyata hanya Anda gunakan sebagai tempat menaruh cucian yang hendak di setrika, padahal Anda dapat memanfaatkannya sebagai kursi santai untuk membaca.

Jangan takut menggunakan furnitur Anda untuk kegunaan lain yang lebih bermanfaat. Dan, cobalah hal – hal yang baru!

700_harbor-cottage-living-room-yellowImage credit

Sumber :

www.thebudgetdecorator.com