Masjid di India Ini Memiliki Kisi-Kisi Jendela yang Memesona

Sidi Saiyyed Mosque ahmedabad

Rooang.com | Bisa dibilang, salah satu daya tarik besar India untuk dikunjungi adalah keberadaan Taj Mahal. Namun, jika Anda punya kesempatan melancong ke sana, coba agendakan pula ke Masjid Sidi Saiyyed di Ahmedabad, ibu kota Gujarat, India. Tanyakan pada orang-orang di Ahmedabad, mereka pasti tahu karena ini masjid paling populer di sana.

Para pelancong akan menyempatkan hadiri di masjid ini bukan karena kemegahan arsitekturnya, tapi lebih pada keunikan dan keindahan kisi jendelanya. Dalam bahasa Bengali, kisi-kisi jendela dari bahan batu ini disebut jaali. Jaali ini biasanya memiliki pola ornamen yang dikonstruksi dengan sentuhan kaligrafi dan geometri. Dan, jaali yang paling terkenal adalah yang berpola ‘Pohon Kehidupan’ alias ‘Tree of Life’. Jaali ini pula yang menjadi simbol Kota Ahmedabad.

image credit

image credit

Masjid ini terbuat dari material yellow sandstone dengan gaya arsitektur Islam India. Bagian depan Masjid Sidi Saiyyed ini terbilang sederhana dengan dua menara pada sisi-sisinya. Namun, kini kedua menara tersebut telah runtuh dan menyisakan dasarnya saja.

Adapun kisi-kisi jendela masjid ini terdapat pada dinding belakang. Anda bisa melihat jaali ini dari arah depan. Tapi, jika Anda ingin mengamatinya dari dekat, keluarlah dari masjid dan berjalan sepanjang samping menuju belakang.

(Baca juga: Kilaunya Warna-Warni Masjid Nasir Al-Mulk di Iran, Menakjubkan!)

Di dinding bagian belakang inilah letak kisi-kisi jendela yang memesona tersebut. Ada delapan jendela batu berbentuk setengah lingkaran dengan kisi-kisi yang berukir. Kabarnya, ada sekitar 45 pengukir yang dilibatkan untuk membuat kisi-kisi jendela ini agar selesai tepat waktu. Ketika hampir selesai, Ahmedabad jatuh ke tangan Mughal. Akibatnya, jendela terakhir di tengah-tengah dinding tidak selesai pengukirannya.

image credit

image credit

Masjid ini kelar dibangun di akhir masa Kesultanan Gujarat, sebelum Kerajaan Mughal dari Delhi mengalahkan mereka dan mengambil alih kota.  Di bawah Kesultanan Gujarat-lah, arsitektur Islam mengalami perkembangan yang pesat, tidak hanya di Ahmedabad, tapi juga di Gujarat secara keseluruhan.

(Baca juga: 7 Interior Masjid yang Menakjubkan)

Masjid ini dibangun pada 1572-1573 oleh orang Ethiopia, Sidi Saiyyed. Dia datang ke Gujarat dari Yaman untuk kemudian menjadi abdi Sultan Nasiruddin Mahmud III. Sidi Saiyyed dikenal sebagai lelaki dermawan yang membantu orang-orang miskin dan memiliki koleksi buku yang banyak. Ia membangun masjid ini di era pemerintahan Sultan Muzaffar Shah III, penguasa terakhir Gujarat.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX