Membuat Furnitur Shabby Chic dengan Teknik Decoupage

Rooang.com | Anda pecinta gaya interior shabby chic? Jika ya, pasti Anda penasaran kan, bagaimana caranya memiliki furnitur cantik dengan aneka motif bunga yang begitu menarik. Ternyata, motif ini bisa didapatkan dengan mudah, dengan teknik decoupage.

Teknik decoupage sudah ada sejak lama sekali dan berasal dari daratan Eropa. Ide utamanya adalah membuat motif dengan cara menempelkan gambar ke benda yang diinginkan. Gambar bisa diperoleh dari mana saja: majalah, koran, atupun sumber lain. Tapi jangan menggunakan hasil printing biasa, karena akan luntur. Medianya pun beragam, bisa kain, kayu, kaleng, buku, casing ponsel, dan lain-lain. Kali ini, yuk kita sulap furnitur rumah dengan decoupage.

(baca juga: Tip Mengecat Furnitur Shabby Shic)

Bahan yang dibutuhkan sederhana. Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya menggunakan kertas motif, lem, dan varnish khusus decoupage yang banyak tersedia di toko online atau toko material craft terdekat. Alat untuk varnish bisa dengan semprotan cat atau kuas spon.

Langkahnya juga tidak sulit. Potong motif yang diinginkan, beri lem, lalu tempelkan dengan rapi. Kemudian, lapisi dengan varnish khusus decoupage. Semakin tebal kertas motifnya, maka varnish pun harus semakin banyak, untuk memberi kesan motif yang menyatu dengan furnitur.

Sebelum melakukan decoupage, sebaiknya furnitur dicat ulang terlebih dahulu agar warna latarnya sesuai dengan motif decoupage yang akan ditempel. Hati-hati saat menempel, jangan sampai menggelembung atau tertekuk.

Anda sudah siap membuat motif furnitur denagn decoupage? Semoga berhasil, ya!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX