Palet Kayu Bisa Dibikin Material Furnitur, Lho!

pallet-3

Rooang.com | Desakan pengurangan penggunaan sumber daya alam, terutama kayu, makin menguat. Penghematan demi penghematan harus dilakukan oleh manusia. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan konsep reuse pada barang terbuang atau yang sudah tak terpakai.

Kayu sebagai sumber daya alam yang makin berkurang jumlahnya, berakibat pada harga beli yang mahal. Jadi, tak ada salahnya jika menggunakan kembali kayu bekas tak terpakai, misalnya palet kayu bekas, untuk menjadi material furnitur rumah yang baru dan menarik.

Apa itu palet kayu?

Palet kayu merupakan susunan kayu yang digunakan menjadi alas sebuah barang. Palet kayu juga bisa dibentuk untuk peti kemas pengiriman barang.

Palet kayu dipakai sebagai bantalan pengiriman barang ekspor impor. Biasanya palet kayu banyak dicari oleh pelaku usaha agar barang yang akan dikirim tidak rusak selama perjalanan. Palet kayu ini berasal dari kayu pohon yang berbuah, seperti rambutan.

Palet kayu menjadi salah satu barang yang jika digunakan kembali (reuse) menjadi barang yang sangat menarik dan tidak terbatas penggunaannya. Dengan kreativitas penggunaan kembali palet kayu ini, dapat membuat kualitas dan harganya jauh melebihi ‘sebuah palet kayu’ pada umumnya.

Bentuk dan jenis palet kayu yang sering digunakan dalam dunia industri

Image credit

Apa kelebihan palet kayu?

Kelebihan dalam menggunakan kembali palet kayu ini telah dirasakan oleh para kreator yang kreatif dan jeli dalam melihat peluang. Selain karena palet kayu ini memang dirancang untuk menahan beban dengan berat hingga 30 ton, kelebihan yang lain dari sebuah palet kayu antara lain :

  • Sangat serbaguna
  • Mudah ditemukan
  • Ringan dan mudah untuk digunakan
  • Murah, bahkan bisa didapatkan secara cuma-cuma

Di mana bisa mendapatkan palet kayu bekas?

Harga satuan palet kayu yang baru dengan dimensi standar bisa berkisar antara 100-150 ribu. Ada juga beberapa pihak yang memperjualbelikan palet kayu bekas ini dengan harga 30-50 ribu. Namun, jika Anda beruntung, Anda bisa mendapatkan palet kayu bekas secara cuma-cuma. Nah, palet-palet kayu bekas ini umumnya dapat Anda temukan pada tempat-tempat berikut ini :

  • Rumah sakit
  • Industri dan pergudangan
  • Warehouse
  • Supermarket

Ide penggunaan palet kayu

Pada tabel di bawah ini tersedia beberapa ide dalam penggunaan kembali palet kayu bekas sebagai alternatif material furnitur di dalam rumah maupun kantor berdasarkan tingkat kesulitan dalam membuatnya.

Mudah

Medium

Sulit

Dapur

Rak

Penyangga gelas

Kabinet

Kamar Tidur

Rak

Header

Penyangga kasur

Kamar Mandi

Rak

Dinding

Furnitur

Ruang Tamu

Pigura foto

Coffee table

Pouffe

Taman

Bantalan tanaman

Mini Greenhouse

Bangku taman

Ruang Kerja

Jam dinding

Rak buku

Meja kerja

Lorong pintu masuk

Rak sepatu

Hiasan dinding

Kursi santai

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX