Ini yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memasang Pagar Besi

700_700-diy-dahlia-2

Rooang.com | Hampir di seluruh rumah di Indonesia, apalagi perumahan yang ada di kota-kota besar, pasti memiliki pagar. Fungsi pagar adalah untuk melindungi area rumah. Oleh karena fungsi dari pagar adalah melindungi, maka material yang dipilih adalah yang aman, kuat, dan tidak mudah rapuh. Salah satu material pagar yang banyak digunakan oleh pemilik hunian adalah besi. Namun, sudahkah Anda mengetahui apa-apa yang penting sebelum memasang pagar besi?

Sumber foto: www.gardenista.com

Apa itu pagar besi?

Secara teknis, pagar besi adalah paduan besi karbon yang sangat rendah jika dibandingkan dengan besi cor karbon. Paduan ini membuat material pagar besi menjadi sangat kuat dan mudah dibentuk. Oleh karena kemajuan produksi serta biaya yang agak mahal, pagar besi tidak lagi diproduksi secara masal.

Sumber gambar: www.gardenista.com

Material pagar besi menjadi satu komoditas unggulan saat ini. Sejak pagar besi ditempa dan dibentuk dengan tangan, tidak dengan mesin pencetak, kita sering menemui bentuk yang asimetris walaupun sangat kecil dan hampir tidak terlihat perbedaannya.

Apa keunggulan pagar besi?

  • Tahan lama : Pagar besi merupakan bahan yang awet dan tahan lama dan akan berlangsung selama bertahun-tahun. Tidak seperti kayu, pagar besi tidak akan mengering, membusuk, atau lapuk terkena panas dan hujan.
  • Kuat : Pagar besi jauh lebih kuat dari bahan pagar umum lainnya. Besi yang telah ditempa sangat sulit untuk patah, dan material ini lebih baik daripada material pagar lainnya dalam aspek keamanan.
  • Gaya yang elegan dan klasik : Material pagar besi yang ditempa menjadi fleksibel untuk dibentuk sehingga desain dan bentuk pagar dapat disesuaikan dengan keinginan.

sumber gambar: www.gardenista.com

sumber gambar: www.gardenista.com

Bagaimana merawat pagar besi?

Kabar baik bagi Anda, pemilik rumah, yang tak ingin repot merawat rumah melulu. Pagar besi hanya membutuhkan sedikit perawatan karena material pagar besi ini tahan lama selama beberapa tahun. Pagar besi biasanya setelah beberapa tahun akan mengalami bintik-bintik karat, terutama jika Anda tinggal di wilayah yang cenderung dingin dan lembab.

Cara ampuh menghilangkan bintik-bintik ini adalah dengan menggunakan amplas. Ratakan permukaan pagar yang agak menggelembung, lalu terapkan cat pelapis sebagai perlindungan pertama. Lakukan perawatan ini setidaknya setahun sekali. Estimasi untuk penggantian pagar besi ini dianjurkan pada tahun ke-10 hingga tahun ke-15 pemasangan.

sumber gambar: www.gardenista.com

sumber gambar: www.gardenista.com

 

Sumber :

www.gardenista.com

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX