Bagaimana Caranya Menciptakan Kamar Mandi yang Sehat?

03 penataan lampu LED di kamar mandi

Rooang.com | Di mana letak kamar mandi Anda? Biasanya, kamar mandi ada di bagian paling belakang, dekat dengan dapur kotor, di pojok yang gelap, lembab, dan pengap. Inilah mengapa kamar mandi sering identik dengan kesan seram. Kondisi tersebut juga menciptakan tempat yang tidak sehat bagi para penghuni rumah. Agar kamar mandi Anda sehat, ikuti petunjukm desain dan perawatan kamar mandi berikut ini.

  • Material

Material yang sehat tentu akan meminimalisasi jumlah udara kotor dan reproduksi bakteri jahat. Pilih bahan lantai dan cat yang baik untuk kesehatan, tidak mengandung zat kimia berbahaya.

  • Instalasi yang tepat

Kalau ubin lantai dan dinding dipasang dengan tepat, maka air tidak akan meresap, dinding tidak akan terasa lembab, dan lumut tidak mudah tumbuh. Jumlah bakteri di kamar mandi yang kering juga jauh lebih sedikit dan cacing akan sulit masuk ke kamar mandi.

Segera perbaiki jika ada ubin yang retak atau terlihat ada rembesan air ke dinding dan lantai. Gunakan produk waterproofing untuk mencegah air merembes.

  • Buat jendela

Kamar mandi memang merupakan area paling privat. Bagaimanapun juga, ruangan ini membutuhkan jendela untuk mengeluarkan bau tidak sedap, dan mengganti udara kotor dengan udara segar. Letakkan sebuah jendela di bagian atas untuk memperlancar sirkulasi udara. Pastikan jendela tersebut bisa dibuka dengan lebar. Buat setidaknya jendela berukuran L80 cm X T40 cm di dinding agak ke atas.

  • Lokasi

Jendela yang dipasang tidak akan berfungsi maksimal jika lokasi kamar mandi tidak menghadap ke halaman atau area luar rumah yang lapang. Jadi, rancang rumah Anda agar memiliki kamar mandi yang berhadapan dengan halaman.

  • Kipas

Kipas atau blower berfungsi untuk mengeluarkan udara kotor, terutama jika kamar mandi Anda berada di tengah-tengah bangunan rumah. Pilih kipas yang berkualitas dengan pemasangan yang tepat, sehingga bisa mengganti udara kotor dengan udara bersih dari luar rumah. Jangan sampai kipas tersebut hanya memutar udara atau mengganti udara kotor dengan udara dari loteng.

  • Pencahayaan

Selain harus mendapatkan udara yang cukup, kamar mandi juga harus memiliki penyinaran yang banyak. Dengan begitu bakteri yang menyukai ruangan gelap tidak bisa tumbuh dan berkembang biak. Selain dengan jendela, tambahkan pencahayaan dengan lampu LED untuk malam hari dan genteng transparan.

  • Bahan pembersih

Sebisa mungkin gunakan pembersih dengan bahan alami, misalnya cuka, baking soda, atau air lemon. Penggunaan bahan kimia, terutama dengan kandungan zat kimia berbahaya dalam jumlah banyak bisa membuat kulit iritasi. Selain itu, zat kimia bisa merusak lapisan kamar mandi sehingga dinding dan lantai terkikis dan air mudah meresap. Menyebabkan kebocoran, dinding lembab, dan cepat ditumbuhi jamur.

 

Nah, bagi Anda yang hendak merenovasi atau membangun rumah baru, jangan lupa menerapkan trik di atas, ya!

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX