0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...
furnitur-built-in

Rooang.com | Furnitur built-in memang sangat menarik. Tampilannya terlihat rapi. Permukaan furnitur rata, tidak ada yang lebih panjang atau lebih lebar. Anda juga tertarik untuk membuatnya di rumah? Membuat furnitur built-in tidak sesederhana furnitur custom lainnya. Sebelum mulai memanggil tukang furnitur, perhatikan dulu poin-poin berikut ini.

1. Pilih tempat

Pilih dulu tempat Anda akan memasang furnitur built-in. Jangan sampai menghalangi bukaan jendela atau pintu, apalagi sampai menganggu mobilitas dalam rumah.

2. Buat sketsa

Duduklah di depan dinding tempat Anda akan membuat furnitur built-in, lalu buat sketsa model rak dan barang yang akan diletakkan. Di mana akan ditaruh TV, window seating, rak buku, rak barang-barang tak terpakai, dsb. Baru kemudian konsultasikan dengan tukang furnitur.

3. Harus ada fake-wall

tips membuat furnitur built in untuk interior rumah

Awalnya, furnitur built-in dibuat dengan membuat ceruk di dinding, lalu menjadikannya sebagai kabinet. Tapi ini hanya bisa dilakukan untuk rumah yang berdinding tebal. Untuk rumah yang dindingnya tidak setebal itu, furnitur built-in tetap bisa dimiliki dengan membuat fake-wall, alias permukaan dinding palsu di sekitar furnitur. Ini artinya, akan ada permukaan yang tidak terpakai karena ‘harus berpura-pura’ sebagai dinding, dan itu adalah space yang terbuang atau tidak berfungsi.

4. Permukaan sama rata

Jangan sampai ada rak atau meja yang lebih tebal. Pastikan semua bagian furnitur memiliki ketebalan yang sama.

5. Dibuat dari atas sampai bawah

tips membuat furnitur built in untuk interior rumah

Karena furnitur built-in dibuat seolah masuk ke dalam dinding, maka tidak boleh ada celah selain rak atau tempat penyimpan barang. Bagian bawah harus dibuat tertutup, jangan ada kaki furnitur yang memperlihatkan kolong. Begitu juga dengan bagian atas. Nantinya bagian atas ini bisa dimanfaatkan untuk memasang lampu kabinet.

Bisa saja bagian atas tetap terbuka, sehingga terlihat seolah rumah dibangun dengan dinding tang tebal di bagian bawahnya saja.

6. Pasang molding

tips membuat furnitur built in untuk interior rumah

Molding adalah bagian tepi langit-langit dan dinding bawah yang terbuat dari kayu ukir. Molding berfungsi untuk menegaskan bahwa kabinet/rak benar-benar terlihat menyatu dengan dinding.

7. Pilih barang yang disimpan

Furnitur built-in memudahkan kita dalam menyimpan barang secara efektif, karena barang bisa disimpan secara vertikal. Sebelum menentukan seberapa besar furnitur built-in yang akan dibuat, pertimbangkan dahulu jumlah barang yang akan disimpan beserta ukurannya. Dengan demikian, tidak akan ada space yang terbuang.

8. Finishing dan warna

tips membuat furnitur built in untuk interior rumah

Agar tampak menyatu dan terlihat seolah benar-benar masuk ke dinding, finishing furnitur harus halus dan menyerupai dinding. Berikan warna luar yang sama dengan warna dinding di sekitarnya. Di bagian dalam Anda boleh menggunakan warna lain yang vibran dan bold.

9. Satu untuk selamanya

Furnitur built-in dibuat secara custom sesuai ukuran dinding rumah. Seandainya nanti akan ada pembongkaran, furnitur ini tidak bisa langsung dipasang di tempat lain, bahkan mungkin tidak bisa. Jika Anda adalah orang yang mudah bosan dan senang gonta-ganti dekorasi interior, sebaiknya tidak memilih furnitur built-in.

furnitur built in untuk interior rumah