Cara Praktis Menata Meja Makan untuk Lebaran Idul Adha

Rooang.com | Lebaran Idhul Adha hampir tiba. Meskti tidak semeriah Hari Raya Idul Fitri, hari suci ini tetap dinanti. Selain bertepatan dengan ibadah haji dan menyembelih binatang kurban, Idul Adha adalah momen untuk berkumpul dengan sanak famili dan kerabat terdekat.

Sudahkah Anda mempersiapkan rumah untuk menyambut kedatangan mereka? Jika belum paling tidak penataan meja makan harus diperhatikan, agar jamuan yang Anda sajikan tidak membuat tamu kecewa. Berikut ini beberapa tips penataan meja makan praktis dan cepat yang bisa Anda lakukan untuk menyambut Idul Adha.

Meja prasmanan/buffet makanan

Sebagian orang lebih senang mengambil makanan dan memilih menunya sendiri. Jika keluarga besar dan kawan-kawan Anda termasuk tipe ini, maka sebaiknya buatlah meja prasmanan. Meja prasmanan biasa diletakkan di tepi, berhimpitan dengan dinding. Kemudian, para tamu bisa kembali ke meja makan untuk menyantap hidangan yang dipilihnya.

Penataan meja prasmanan pun tidak boleh sembarangan. Peletakan alat makan dan jenis makanan harus sesuai. PErtimbangkan pula arah jalan para tamu nantinya. Daripada bingung, beberapa contoh petunjuk dan template berikut bisa Anda tiru.

cara menata meja makan prasmanan

Penataan meja prasmanan untuk 6-10 orang

cara menata meja prasmanan atau buffet

Penataan meja prasmanan untuk makanan pembuka/appetizer

penataan makanan secara prasmanan untuk hari raya

cara menata meja prasmanan

Penataan meja prasmanan untuk makanan penutup

cara menata makanan katering prasmanan

Penataan meja prasmanan untuk menu utama

cara menata buffet meja makan prasmanan

Penataan meja prasmanan untuk ditaruh di tengah-tengah ruangan

 

Penataan alat makan di meja

Setelah menyusun makanan di meja prasmanan, jangan lupa juga untuk menata alat-alat makannya. Untuk meja makan dengan menu makanan tradisional Indonesia, jangan lupa sediakan mangkuk cuci tangan. Untuk menu internasional, berikut ini beberapa contoh template penataan alat makan.

cara menata meja makan

 

 Dekorasi meja makan

Jika Anda mengusung konsep prasmanan, biasanya meja makan akan terlihat sepi karena semua sajian ditaruh di meja prasmanan. Karena itu, hiasi dan segarkan meja makan dengan bunga, tisu, atau lilin. Pilih aksesoris yang cantik, tapi tidak mengganggu kenyamanan selama acara makan-makan dan ngobrol santai.

penataan meja makan

penataan interior ruang makan

penataan aksesoris meja makan

penataan dekorasi meja makan

 

Penataan makanan langsung di meja makan

Penataan secara prasmanan dirasa terlalu ribet? Anda boleh saja menata semua makanan langsung di atas meja makan. Tapi, pastikan semua tamu bisa menjangkau hidangan dengan mudah, ya. Jika Ada, gunakan meja makan putar, sehingga para tamu bisa dengan mudah mengambil menu yang diinginkan.

penataan dekorasi meja makan

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX