Rencanakan Hunian Idaman Anda Bersama DFhousing!

Rooang.com | Gairah startup (usaha rintisan) di industri digital sedang tinggi-tingginya. Salah satu bentuk startup tersebut adalah di bidang crowdfunding alias penggalangan dana. Mungkin Anda telah mengenal Wujudkan, KitaBisa, GandengTangan, AyoPeduli, dan Crowdtivate. Rata-rata merupakan situs crowdfunding untuk proyek sosial meskipun ada juga untuk proyek kreatif, misalnya: pembuatan film.

Bagaimana dengan hunian? Adakah startup berupa crowdfunding yang bisa mengakomodasi orang-orang yang ingin bikin rumah idaman mereka?

Tentu saja ada. Namanya DFhousing. Ini adalah sebuah proyek merencanakan hunian secara swadaya (community housing) yang dilakukan melalui proses penggalangan dana dari para calon penghuninya.

DFhousing diinisiasi oleh Mande Austriono, seorang arsitek dari DFROM (studio kreatif berbasis arsitektur). Ide ini ia gulirkan pada 2014 yang bermula dari kegelisahan pribadinya. Mande ingin memiliki rumah kecil dengan biaya terjangkau namun terletak di tengah kota. Lazimnya, harga tanah di tengah kota memang tinggi, begitu pula biaya pembangunannya. Apalagi lahan yang tersedia di pasaran, umumnya berukuran besar. Mande pun menawarkan solusi dengan membeli lahan besar tersebut dan membagi-baginya dengan calon penghuni berdasarkan kebutuhan dan anggaran penghuni.

Mande pun mencoba menceritakan ide tersebut melalui akun media sosialnya yang kemudian menjadi viral sampai terkumpul beberapa orang yang tertarik dan minat bergabung. Saat itu, disepakati untuk mengadakan meet-up mingguan untuk mendiskusikan lokasi mana yang tepat untuk mayoritas peminat yang hadir hingga mereka mendapat lahan di area Bintaro.

Dalam proyek ini, DFORM bertindak sebagai pengelola yang menggandeng developer terpercaya, yakni LCDevelopment. Urusan pembelian lahan hingga proses kredit kepemilikan rumah dengan pihak bank pun menjadi lebih mudah.

Jika Anda berminat menjadi calon penghuni DFhousing, maka Anda perlu mendaftarkan diri di dfhousing.net. Ini agar Anda selalu mengetahui perkembangan kabar terbaru. Setelah itu, gabung juga di forum llliving.net untuk berdiskusi dengan calon penghuni lainnya. Dari diskusi itu kemudian masing-masing calon penghuni beperan aktif mencari lahan.

Berikut skema yang harus diikuti oleh para calon penghuni DFhousing.

Tahun 2015 ini DFhousing meluncurkan proyek kedua dengan konsep baru yang cukup berbeda dengan DFhousing sebelumnya. Para calon penghuni dapat memilih antara menggunakan DFRM Studio (dfrm-studio.co) sebagai konsultan arsitektur untuk desain rumahnya atau menggunakan platform DEUFS (deufs.com). DEUFS sendiri merupakan marketplace arsitektur pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai macam desain tipe rumah. Ini bentuk edukasi pada masyarakat dalam menggunakan jasa arsitek untuk merancang hunian. Masyarakat yang memiliki anggaran minim juga bisa terfasilitasi.

Selaku inisiator dari proyek ini, Mande percaya bahwa DFhousing dapat menjadi solusi bagi kelas menengah untuk mendapatkan rumah impian mereka. Kendala terbesar dari pembelian rumah saat ini adalah keterbatasan desain yang disediakan oleh developer dan tingginya harga jual rumah. Hal ini bisa ‘diakali’ oleh DFhousing dengan menyediakan jasa perancangan rumah yang dapat disesuaikan dengan budget masing-masing peminat. Diharapkan di masa depan setiap masyarakat Indonesia dapat bekerja sama untuk menciptakan hunian idamannya masing-masing.

Lantas, apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh jika menjadi calon penghuni DFhousing?

  • Dapat memilih lokasi sesuai keinginan
  • Dapat fleksibel menentukan anggaran
  • Bisa mendapatkan rumah dengan harga yang lebih hemat
  • Dapat memiliki rumah ideal dengan desain kiwari (kekinian)’
  • Pembayaran dapat dicicil melalui KPR

Apakah DFhousing hanya ada di kota tertentu saja, misalnya: Jakarta dan Bandung, untuk proyek kedua ini? Tentu saja tidak! Asalkan Anda dan calon penghuni lain berencana membangun hunian di kota tertentu, misalnya: Balikpapan, Surabaya, Denpasar, Medan, dan sebagainya, maka DFhousing pun bisa segera diwujudkan.

Untuk DFhousing 2.0, Mande belum bisa menyebutkan lokasi tepatnya. Karena ia ingin menghindari pihak-pihak yang memiliki niatan tidak baik, seperti: calo tanah. Kabar baiknya, sudah ada sekitar 110 calon penghuni DFhousing tahap kedua untuk area Jakarta. Sementara di Bandung sendiri ada 26 orang dan Yogyakarta sekitarnya ada 12 orang.

Jika Anda tertarik, silakan kulik info lebih lanjut di dfhousing.net.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX