Yuk, Tanam Tabebuia, si Kuning Cantik yang Mirip Sakura!

cara-menanam-tabebuia
Share this:

Rooang.com | Siapa yang tidak senang memandang bunga sakura? Bunga cantik berwarna merah muda ini sukses menjadi magnet yang membuat ribuan orang berwisata ke Jepang setiap tahunnya. Bagi kita yang jarang bisa traveling ke luar negeri, ada lho bunga cantik yang bisa dengan mudah kita temukan tanpa harus jauh-jauh ke Jepang. Ialah tabebuia. Meskipun warnanya kuning, tapi cukup menggantikan mengobati keinginan kita untuk menikmati cantiknya bunga-bunga. Layaknya bunga sakura, tabebuia akan menggugurkan semua daun saat bunga-bunga bermekaran.

Cara Pembibitan Tabebuia

Bibit tabebuia dapat diperoleh dari bijinya yang bisa didapat pada pohon yang sudah dewasa. Biji ini sikeringkan terlebih dahulu, lalu didiamkan selama sekitar satu bulan. Baru kemudian disemai dengan media tanam tanah dan humus. Tunggu sampai tingginya mencapai 1 meter, baru kemudian pindahkan ke area tanam.

Cara Menanam Tabebuia

Tabebuia harus ditanam di tempat yang mendapatkan banyak sinar matahari. Pindahkan bibit yang sudah cukup usia dan tingginya ke tanah dengan komposisi yang sama dengan media tanam waktu pembibitan. Jarak tanam antara pohon satu dengan lainnya minimal adalah 70 cm. Tanam dengan posisi batang dan permukaan tanah saling tegak lurus. Timbun dengan tanah dan humus sampai padat, agar tabebuia tidak mudah roboh.

Jangan langsung memberinya pupuk, karena panas dari pupuk bisa mematikan akar tabebuia yang sensitif. Pupuk bisa diberikan setelah berusia 1 bulan. Sebaiknya berikan pupuk kompos atau NPK, agar pertumbuhannya maksimal dan tidak diganggu oleh gulma.

Cara Merawat Tanaman Tabebuia

Merawat tabebuai terbilang gampang-gampang susah. Tabebuia termasuk tanaman yang sensitif, tetapi sebenarnya bisa hidup dengan mudah. Selama mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak terendam air, tabebuia akan tumbuh dengan baik. Lakukan penyiraman sehari satu kali dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak, tetapi bisa menyerap sampai ke akarnya. Bila sampai terendam, akarnya akan busuk dan mati.

Ada juga tabebuia yang berwarna merah muda, sehingga saat mekar akan terlihat persis seperti bunga sakura. Sayangnya, jenis ini jarang sekali ditemukan di Indonesia. Tabebuia biasanya mekar pada musim kemarau sampai menjelang musim penghujan. Cantik sekali!

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX