5 Tip Biar Tidak Cekcok dengan Pasangan Saat Mendesain Rumah

Rooang.com | Berbagi kehidupan dengan seseorang yang Anda cintai merupakan hal yang indah. Tapi, bukan berarti Anda harus sama dalam hal kecenderungan gaya dan desain rumah. Mau hidup bersama setahun atau 30 tahun, tip berikut ini bisa jadi rujukan Anda biar tidak berantem terkait interior rumah.

1. Mulai dengan rencana desain

Sebelum memulai proyek desain, buatlah daftar kegunaan masing-masing ruangan dengan mempertimbangkan penghuni lainnya. Ini akan membantu pasangan dan keluarganya dalam membuat skala prioritas sekaligus memahami mengapa ide A lebih baik dari ide B. Carilah inspirasi di situs-situs internet atau di majalah tentang dekorasi rumah. Lalu, bicarakan mengenai apa yang Anda sukai dan tidak.

2. Dengarkan satu sama lain

Komunikasikan secara terbuka dan belajarlah untuk menyimak. Desainer interior bilang bahwa kebanyakan job mereka datang karena mendengarkan klien. Terkadang pasangan Anda ingin gagasan mereka didengarkan. Berdiskusi dengan kepala dingin akan membantu menghindari konflik sekaligus membantu menentukan apa yang dia sukai terkait warna tertentu atau bentuk furnitur.

3. Padukan gaya

Rumah itu seperti perkawinan. Tidak akan bisa berhasil jika satu pihak saja yang jalan. Meski demikian, tidak semua hal harus cocok. Ada banyak cara untuk mix and match pilihan gaya masing-masing. Misalnya, pilihan warna Anda dipadupadankan dengan pilihan sofa sang pasangan. Jadikan ruangan Anda jadi cerminan Anda berdua.

4. Saling menerima pilihan

Untuk area tertentu, beri keleluasaan pada pasangan Anda untuk mendesain sendiri sesuai pilihannya. Misalnya, Anda penyuka warna-warna netral dan menerapkannya di area umum, sementara ia ingin personal office-nya diberi sentuhan kreatif. Beri ia kebebasan untuk itu. Sebab, selama hidup bersama, kompromi terus-menerus takkan bisa dielakkan.

5. Berkonsultasilah pada desainer interior

Ada baiknya, Anda perlu mendengarkan saran dari desainer interior. Ini biar langkah Anda dalam mendesain rumah mendapat arahan yang lebih baik dari profesional. Sampaikan apa yang Anda inginkan terkait desain impian Anda. Berkolaborasilah.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX