Cara Merawat Lantai Granit dan Marmer dengan Benar, Wajib Tahu!

cara-merawat-lantai-5

Rooang.com | Marmer dan granit adalah jenis material lantai yang cukup mewah. Banyak orang yang ingin memiliki lantai ini di rumahnya. Harganya jauh lebih mahal daripada lantai keramik biasa, meskipun saat ini banyak juga keramik yang dibuat menyerupai kedua jenis batu alam tersebut. Karena harganya yang mahal, jangan sampai Anda melakukan kesalahan dalam perawatannya. Kenali cara merawat lantai granit dan marmer yang benar, agar lantai di rumah Anda tetap indah terjaga seperti rumah baru.

cara merawat lantai granit(Penggunaan lantai granit yang terlihat mewah dan berkelas. Sumber foto: tile-stone-grout-cleaningleicester.co.uk)

Kenali dulu karakter granit dan marmer

Sebelum Anda menggali lebih jauh karakter cara merawat lantai granit dan marmer, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengetahui seperti apa karakter kedua material lantai ini. Baik marmer maupun granit pada dasarnya merupakan material yang sangat awet meskipun berusia puluhan tahun. Masalahnya adalah kedua material ini memiliki pori-pori yang bisa menyerap cairan dan noda. Kalau noda tidak segera dibersihkan, maka akan sulit menghilangkannya. Tampilan lantai granit dan marmer pun jadi kurang indah berkilau.

Permukaan lantai granit dan marmer juga sangat sensitive pada gesekan dan permukaan kasar. Salah perlakuan dan pemilihan alat kebersihan malah akan membuat lantai di rumah Anda jadi cepat rusak. Kesalahan memilih pembersih lantai juga bisa mengurangi kilau pada lantai. Permukaan marmer lebih mudah pecah bila dibandingkan granit, sehingga berpengaruh pada peletakan furniture di atasnya.

cara merawat lantai(Lantai marmer memiliki motif unik yang selalu berbeda satu sama lain. Sumber foto: pinterest.com)

Lalu bagaimana cara merawat lantai granit dan marmer ini?

Cara merawat lantai granit dan marmer yang benar

Perlengkapan perawatan yang sebaiknya digunakan

  1. Lap microfiber, yaitu kain lap yang sangat halus sehingga mampu menjaga permukaan lantai granit dan marmer.
  2. Pembersih khusus, yaitu pembersih dengan pH netral atau seimbang yang dibuat khusus untuk membersihkan lantai granit dan marmer.
  3. Sealer, yaitu pelapis pelindung khusus granit dan marmer yang akan melindungi permukaan dari bekas tergores dan noda agar tidak cepat meresap.
cara merawat lantai granit dengan cairan sealer(Perbedaan antara permukaan yang diberi selaer dan tanpa sealer. Sumber foto: granitesealer.kitchenmakeover.us)

Peralatan yang tidak boleh digunakan

  1. Jangan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai granit dan lantai marmer, karena dikhawatirkan permukaan penyedot dan rodanya bisa merusak lantai.
  2. Jangan gunakan lap yang kasar, meskipun membersihkan noda berkerak yang mengeras sekalipun.
  3. Jangan gunakan cairan dengan kandungan deterjen dan asam yang tinggi. Sebaiknya Anda tidak memakai pembersih lantai biasa karena akan membuat permukaan jadi kusam dan tidak mengkilap. Cairan seperti cuka juga tidak boleh digunakan pada permukaan granit dan marmer, karena akan merusak material batu alam.

 

Bagaimana cara membersihkannya?

Cara membersihkan lantai granit dan marmer

  1. Untuk membersihkan lantai granit, semprotkan cairan pembersih khusus secukupnya, jangan sampai berlebihan. Kemudian segera lap dengan kain microfiber dan keringkan dengan kain kering yang bersih dan baru (bukan lap yang sebelumnya).
  2. Khusus untuk lantai marmer, cara membersihkannya harus mengikuti arah pola. Jangan sampai dilap dengan gerakan memutar karena bisa mengurangi keindahan motif alami dan mengurangi kilai lantai marmer.
  3. Pel permukaan lantai dengan lembut untuk menjaga kondisi lantai tetap bagus.
  4. Segera bersihkan noda dari lantai granit dan marmer, karena kalau tidak demikian maka noda akan menempel, terserap, dan sulit dibersihkan.
  5. Pengepelan dilakukan 2 hari sekali atau jika diperlukan.
  6. Jangan sampai lantai terkena cairan yang bisa masuk ke pori-pori batuan, terutama untuk lantai marmer. Segera bersihkan cairan yang tumpah dengan lap microfiber dan usap dengan kain kering.
  7. Jika sulit menemukan pembersih khusus granit dan marmer, gunakan sabun cuci piring. Jangan gunakan pembersih lantai biasa. Campurkan sedikit sabun cuci piring ke dalam seember air, lalu larutkan. Coba dulu larutan tersebut pada bagian lantai yang kecil dan tidak terlihat. Kalau tidak menimbulkan efek negative, berarti sabun pencuci piring Anda aman untuk digunakan. Segera lap dengan kain kering dan bersih setelah mengepel.
cara merawat lantai 4(Membersihkan lantai marmer dengan peralatan yang aman. Sumber foto: south-buckinghamshire.tiledoctor.biz)

Tips perawatan ekstra

Selain cara merawat lantai granit dan marmer yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus paham cara memperlakukan lantai ini setiap harinya.

  1. Siapkan keset di luar area ruangan berlantai granit atau marmer, agar noda pasir, kerikil, dan lainnya tidak ikut terbawa dan menempel ke lantai.
  2. Gunakan pelindung karet di setiap kaki furniture agar tidak membuat lantai lecet dan tergores.
  3. Gunakan sealer atau pelapis lantai setiap sebulan sekali untuk menjaga kualitas lantai agar tidak mudah kusam saat terkena noda.
cara merawat lantai 5(Lantai marmer yang rutin dirawat akan selalu terlihat bagus. Sumber foto: wipeout.ie)

Cara merawat lantai granit memang berbeda dengan cara merawat lantai kayu dan teknik merawat lantai vinil. Dengan perawatan yang tepat, apapun jenis lantai rumah akan membuat interior terlihat indah. Anda masih bingung mau menggunakan lantai apa untuk renovasi atau rumah baru? Jangan ragu berkonsultasi dengan para ahli di Rooang.com.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX