Desain Kamar untuk Anak Pengidap Autis

SS_fun_ways_to_decorate_kids_room
Share this:

Rooang.com | Autisme adalah suatu kondisi yang ditandai oleh adanya gangguan dalam komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku stereotip yang berulang pada anak-anak. Oleh karena gangguan-gangguan tersebut, seorang anak pengidap autis membutuhkan terapi dan stimulasi yang dapat merangsang perkembangannya. Terapi pada anak autis juga dapat dilakukan di rumah, lho. Salah satunya ialah dengan merancang desain kamar untuk anak pengidap autis.

Seorang anak pengidap autis adalah karunia istimewa yang hanya dititipkan pada orang-orang terpilih. Tidak ada yang tahu secara pasti apa yang menyebabkan seorang anak mengidap autisme. Namun, jumlah anak pengidap autisme telah meningkat kira-kira sepuluh kali lipat dalam empat puluh tahun terakhir. Ini adalah suatu peningkatkan yang begitu drastis.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan orang tua untuk membantu anak-anak yang mengalami autisme untuk mengatasi tantangan mereka. Terkait dengan keterlambatan perkembangan, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah memberikan layanan dan fasilitas di rumah yang sesuai dengan kebutuhan anak autis.

Desain kamar tidur untuk anak-anak pengidap autisme dapat menjadi sedikit rumit, tergantung pada kondisi sang anak. Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membantu mempercepat perkembangan anak autis.

1. Perhatikan Desain Furnitur

  • Semua furnitur yang ada di kamar adalah furnitur yang besar dan berat. Hal ini untuk mengurangi keaktifan anak autis.
  • Setiap rak, meja, dan almari harus diletakkan di lantai atau menempel erat di dinding. Minimalisir aksesoris furnitur yang tergeletak di atas meja.
  • Gunakan kait pengaman pada semua laci, pintu dan lemari yang digunakan untuk penyimpanan.
  • Perhatikan keamanan alat-alat kelistrikan seperti lampu, colokan listrik, atau charger.
  • Simpan semua mainan di wadah yang cukup rendah sehingga anak dapat mencapainya dengan mudah.
  • Hindari penggunaan furnitur dengan ujung yang tajam/runcing.
  • Jangan gunakan kenop kabinet dan laci yang terlalu kecil atau terlalu besar, serta tidak mudah lepas.

(Hal utama yang perlu diperhatikan adalah aspek keamanan. Sumber foto: huffingtonpost.ca)

2. Cat Dinding dengan Warna Lembut

Orang tua seringkali kesulitan untuk menenangkan anak autis. Agar anak menjadi agak tenang di kamarnya, cat dinding dengan warna-warna netral, lembut, dan menenangkan. Tapi tidak ada salahnya juga jika anak memilih warna favoritnya, seperti warna oranye atau kuning.

(Sumber foto: distrohome.com)

3. Desain Kamar untuk Ruang Latihan

Untuk mempercepat perkembangan anak autis, mereka perlu untuk melakukan latihan-latihan yang dapat merangsang stimulasi syaraf motoriknya. Untuk itu, desain kamar yang juga dapat difungsikan sebagai ruang latihan mereka. Hal-hal yang perlu diperhatikan terkait konsep ruang latihan anak autis adalah:

  • Terapkan batasan-batasan pada anak untuk tidak memegang beberapa barang dengan isyarat visual, seperti pita berwarna merah.
  • Buat sudut-sudut nyaman yang menjadi favorit anak, misalnya dengan menaruh kursi bean bag kesukaan anak autis, selimut, bantal, dan boneka binatang favoritnya.
  • Berikan alat-alat terapi sensorik seperti bola, mini trampolin, dan lain sebagainya. Namun jangan beri terlalu banyak.

(Sumber foto: buffalonews.com)

4. Perhatikan Hal-Hal Kecil Ini

Perlu diingat bahwa anak-anak autis biasanya memiliki kesulitan tidur. Salah satu alasannya adalah karena mereka sangat sensitif terhadap rangsangan luar, seperti bunyi dan cahaya yang terlalu terang. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah masalah ini.

  • Gunakan karpet di lantai untuk meminimalisir suara langkah kaki.
  • Pastikan pintu tidak berderit saat dibuka.
  • Gunakan tirai untuk mengurangi cahaya luar. Tirai yang digunakan adalah tirai yang sederhana dan tanpa menggunakan tali.
  • Hindari meletakkan meja atau kursi di dekat jendela dan pintu.

(Sumber foto: ikea.com)

Dengan konsep yang cermat, desain kamar tidur untuk anak pengidap autis semoga dapat membawa peningkatan perkembangannya.

Share this:

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5
Loading...

GET OUR BEST IN YOUR INBOX