Pergola, Solusi agar Halaman Sempit Tetap Hijau dan Segar

pergola-untuk-halaman-sempit18

Rooang.com | Saat ini, mau tidak mau kita membeli rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas dan halaman yang agak sempit. Hal ini selain menjadikan kurangnya tempat bermain anak, juga membatasi kita untuk menanam pohon di halaman. Tapi, jangan kuatir. Karena rumah dengan halaman terbatas tetap bisa menjadi lahan hijau yang sejuk dan asri. Caranya cukup dengan membangun pergola di sisa halaman yang ada.

Pergola adalah konstruksi sederhana yang bisa dibuat dari pipa logam maupun kayu. Pergola dibuat menyerupai kanopi. Bedanya, penutup yang akan digunakan adalah tanaman rambat. Sama-sama menangkal cahaya dan panas matahari, tapi lebih hijau dan membuat rumah makin sejuk. Ada banyak jenis tanaman rambat untuk halaman rumah yang bisa Anda gunakan, tinggal pilih mana yang disukai. Bahkan Anda juga bisa menggunakan tanaman rambat sayur-sayuran atau buah, agar halaman dan pergola di rumah tersebut lebih produktif.

Kalau masih bingung seperti apa desain pergola yang tepat untuk halaman rumah Anda yang terbatas, silahkan ambil inspirasi dari beberapa contoh yang kami himpun berikut ini.

1. Pergola sebagai kanopi patio

Patio adalah ruang bersantai outdoor. Bisa dibuat sebagai perpanjangan dari teras, maupun dibuat terpisah dari teras rumah. Agar patio tidak terlalu panas, gunakan tanaman rambat untuk mengurangi panas dan cahaya matahari. Kegiatan bersantai jadi lebih nyaman dan tenang. Furnitur outdoor pun lebih awet karena tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

pergola untuk halaman sempit10(Beberapa jenis tanaman rambat yang mulai tumbuh menjalar di atas patio. Sumber: janefollis.com)
pergola untuk halaman sempit3(Patio dikelilingi tanaman pot dan tanaman rambat pada pergola mini. Sumber: pinterest.com)

Lalu bagaimana dengan rumah yang tidak memiliki halaman sama sekali?

2. Pergola sebagai kanopi teras rumah

Sebagian rumah di kota-kota besar tidak memiliki halaman. Begitu memasuki gerbang rumah, maka langsung menuju ke teras rumah. Kalau kondisi ini terjadi di rumah Anda juga, maka pergola tetap bisa dibuat, yaitu sebagai atap atau kanopi teras rumah. Kanopi dengan tanaman rambat memang tidak akan melindungi teras dari air hujan. Karenanya, sebaiknya pergola ini hanya menutupi bagian depan teras, yaitu yang paling dekat dengan jalan.

pergola untuk halaman sempit15(Pergola sederhana dari batang logam dan bambu. Sumber foto: pinterest.com)
pergola untuk halaman sempit16 (Tanaman merambat pada teras rumah bergaya klasik modern. Sumber foto: v-interere.ru)

Punya halaman, tapi sangat sempit, apa solusinya?

3. Pergola sebagai kanopi halaman samping yang sempit

Halaman samping yang sempit akan menjadi lorong tanaman yang cantik. Apalagi kalau Anda menambahkan berbagai jenis tanaman hias dan bebungaan di sisi-sisinya. Tambahkan stepping stone agar terlihat menarik. Cantik, bukan?

pergola untuk hamalam sempit14(Halaman yang terlihat seperti terowongan tanaman karena banyak tumbuhan di samping dan atas. Sumber foto: pinterest.com)
pergola untuk halaman sempit12(Halaman samping yang teduh dengan banyak tanaman. Sumber foto: pinterest.com)

4. Sebagai kanopi carport

Pergola paling pas jika digunakan sebagai kanopi carport. Carport pasti membutuhkan kanopi. Sebaiknya kanopi carport dibuat dengan tambahan tanaman rambat yang sangat rapat seperti foto di bawah ini.

pergola untuk halaman sempit17(Kanopi carport yang ditumbuhi tanaman menjalar sampai ke atap rumah. Sumber foto: ideaonline.co.id)
pergola untuk halaman sempit18(Tanaman rambat i atas carport membuat rumah semakin hijau dan segar. Sumber foto: seputar-tanaman.blogspot.kr)

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki imajinasi akan didesain seperti apa halaman sempit di rumah? Jika belum, segera bergabung dengan Rooang.com. Konsultasikan desain eksterior rumah dengan para ahli.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX