Reading Time: 4 minutes
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
minimalisthomebuilt-dot-com

Rooang.com | Pintu konvensional membutuhkan lebih banyak ruang untuk arah bukaannya. Di rumah yang kecil, pintu model seperti ini bisa jadi akan menyulitkan penghuni untuk beraktivitas, dan mengurangi space untuk menyimpan barang. Pintu geser adalah solusi yang tepat. Selain unik, pintu geser juga bisa menghemat penggunaan space di rumah Anda. Aktivitas pun tidak terganggu dengan buka-tutup pintu. Apalagi desain pintu geser bisa dibuat bervariasi dengan beragam model, motif, dan material.

desain pintu geser(Pintu geser menghemat pemakaian ruangan dalam rumah. Sumber foto: alhabibpaneldoors.com)

Pintu geser bisa dikreasikan dengan berbagai gaya interior. Pintu geser sangat pas untuk interior gaya oriental degan motif khas Asia Timur, tapi juga sangat menarik jika digunakan pada rumah bergaya etnik Jawa maupun klasik Mediterania. Berikut ini beberapa desain pintu geser yang bisa Anda pilih sendiri, mana yang paling pas untuk rumah Anda.

Desain pintu geser bermotif

Motif pada pintu geser kaca bisa dimiliki dengan memasang kaca film motif. Ada banyak sekali pilihan motif untuk dipilih, sesuaikan dengan konsep interior rumah Anda.

desain pintu geser(Pintu geser dengan motif bulu harimau untuk interior bergaya mewah yang glamour. Sumber foto: minimalisthomebuild.com)

Desain pintu geser kayu

Pintu geser kayu sangat cocok untuk rumah bergaya vintage Eropa. Dengan desain seperti contoh foto di bawah, rumah Anda akan terasa seperti rumah-rumah jadul di Eropa, tetapi dengan sentuhan modern yang kekinian.

desain pintu geser(Pintu geser kayu untuk rumah bergaya klasik vintage atau klasik industrial. sumber foto: decozilla.com)

Desain pintu geser bermaterial kayu juga memberikan nuansa rustic pada ruangan. Apalagi kalau dinding sekitarnya dihiasi dengan batu alam dan konsep interiornya mengusung tema alam. Sangat cocok.

desain pintu geser(Pintu geser untuk rumah bergaya rustic. Sumber foto: decoist.com)

Desain pintu geser bentuk unik

Pintu tidak selalu berbentuk persegi panjang tegak lurus. Bisa juga dibuat agak miring, atau dibuat seperti mozaik yang saling melengkapi seperti contoh berikut ini.

desain pintu geser(Pintu geser dengan bentuk unik, miring seperti menyesuaikan bentuk dinding. Sumber foto: homestrendy.com)
desain pintu geser(Pintu geser unik dengan frame pintu yang tidak rata. Sumber foto: minimalisthomebuild.com)

Desain pintu geser warna berani

Bosan dengan warna pintu yang itu-itu saja? Cobalah menggunakan warna-warna berani seperti ungu, kuning, merah, oranye, atau warna vibran lainnya. Dijamin warna ini akan memberikan kesegaran baru pada rumah Anda. Tapi, jangan lupa perhatikan petunjuk memilih warna pintu rumah menurut fengshui, terutama bagi Anda yang memercayainya.

desain pintu geser(Pintu geser minimalis dengan bentuk bergelombang. Sumber foto: myaustinelite.com)
desain pintu geser(Pintu geser warna kuning bergaya vintage. Sumber foto: decornorth.com)

Desain pintu geser material alam non-solid

Kayu solid memang berharga lebih mahal. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki pintu geser dari material alam yang sama-sama emmberikan nuansa alam dengan gaya modern. Coba gunakan desain pintu seperti ini, yang menyerupai kerai atau menyerupai anyaman. Selain mengurangi penggunaan kayu solid, motifnya pun unik secara alami.

desain pintu geser(Pintu geser menyerupai kerai kayu. Sumber foto: troupair.com)
desain pintu geser(Desain pintu geser yang menyerupai anyaman. Sumber foto: usnow.org)

Desain pintu geser ukuran besar

Pintu geser ukuran besar bisa disiasati dengan 2 cara. Pertama, dengan membagi pintu menjadi beberapa panel atau membuat pintu geser kupu tarung. Kedua, dengan menyiasati desainnya, yaitu menghindari penggunaan kayu solid secara utuh. Hal ini diperlukan agar beban yang ditanggung roda dan railing tidak terlalu berat. Beban pintu yang terlalu berat bisa cepat merusak sparepart pintu geser. Untuk mengurangi beban tersebut, bisa dengan membuat lubang-lubang di pintu seperti ini, atau mengganti sebagian dengan kaca.

desain pintu geser(Pintu geser kayu dengan lubang-lubang kecil. Sumber foto: hitvuk.com)
desain pintu geser(Pintu geser dengan tambahan material akca untuk mengurangi beban. Sumber foto: doorstyles.com)

Desain pintu geser beberapa panel

Membagi pintu geser menjadi beberapa panel bertujuan untuk memperlebar bukaan. Pintu beberapa panel ini cocok untuk menggantikan dinding di ruangan yang terhubung dengan pintu belakang. Sehingga, penghuni rumah tetap bisa menikmati segarnya udara di halaman belakang dengan leluasa. Masalahnya, pintu geser beberapa panel ini membutuhkan track lebih banyak, sesuai dengan jumlah panel pintu, yang artinya biaya untuk membuat pintu ini juga lebh besar.

desain pintu geser(Pintu geserĀ  panel dengan 3 track berbeda di setiap panel. Sumber foto: hotelkiya.com)

Pertimbangkan desain pintu geser sesuai kebutuhan, konsep interior, dan dana yang tersedia. Jangan sungkan berkonsultasi dengan para ahli di Rooang.com, untuk mendapatkan solusi terbaik masalah rumah dan interior Anda.

1 COMMENT