1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
cara-merawat-sukulen-4

Rooang.com | Kalau dulu sempat booming trend tanaman gelombang cinta dan tanaman lain yang sesaat jadi idaman, kini giliran sukulen yang tengah jadi sorotan. Bentuknya yang unik membuatnya mulai kerap dijadikan souvenir. Apalagi diletakkan dalam pot yang lucu, membuat setiap mata memandang kagum pada tanaman yang satu ini. Apalagi kalau sudah ditaruh di dekat jendela, meja kerja, atau rak buku, akan terlihat sangat memesona. Banyak orang bilang cara merawat sukulen itu mudah. Tinggal taruh di tempat yang panas, beres. Tapi, ternyata tidak sedikit yang kesulitan. Akhirnya sukulen miliknya jadi terlihat jelek, layu, lalu mati.

cara merawat sukulen 7(Tanaman sukulen sangat unik dengan pot dengan motif yang menarik. Sumber foto: ashandcrafts.com)

Jadi sebenarnya bagaimana cara merawat tanaman sukulen dengan benar?

Pilih sukulen yang tepat untuk area indoor

Ada banyak jenis sukulen. Pastikan Anda tahu sukulen jenis apa yang ada di rumah Anda. Beberapa jenis sukulen kurang bisa menyesuaikan diri di dalam ruangan karena sangat membutuhkan udara panas. Pastikan Anda sudah memilih sukulen yang tepat untuk indoor. Sukulen yang paling mudah ditemui dan tumbuh di Indonesia adalah lidah buaya atau aloe vera. Jenis lain yang bisa menoleransi udara agak lembab adalah black rose, jenis sedum burro’s tail, kaktus pensil, manik-manik mutiara, manik-manik pisang, lady of aquarius, dan perle von nurenberg. Jenis ini sangat mudah ditemukan dan cara merawatnya pun lebih mudah. Tapi jangan sampai kekurangan sinar matahari dalam waktu lama. Setidaknya 2 hari sekali, letakkan di tempat yang bersinggungan langsung dengan cahaya matahari. Sangat disarankan untuk memilih sukulen warna hijau karena sukulen warna merah atau keunguan akan sulit beradaptasi di tempat yang kurang panas.

cara merawat sukulen(Utamakan memilih sukulen warna hijau untuk area indoor, karena mampu bertahan lebih baik. Sumber foto: decoist.com)

Cara merawat sukulen dengan tanah yang tepat

Sukulen bisa tumbuh dengan baik di dataran yang kering dan berpasir. Pastikan tanah yang Anda sediakan memiliki karakter ini. Atau kalau perlu bawa tanah dari daerah yang cocok, lalu pindahkan ke pot untuk digunakan menanam sukulen. Pastikan Anda memiliki persediaan tanah ini. Untuk membuatnya sendiri, campurkan 4 bagian tanah humus, 5 bagian perlit, 1 bagian pasir pantai, dan sedikit tanah vulkanik yang subur.

cara merawat sukulen(Komposisi tanah yang tepat akan menjaga kondisi sukulen tetap sehat dan tumbuh dengan baik. Sumber foto: bystephanielynn.com)

Cara merawat sukulen dengan penyiraman yang tepat

Cara menyiram sukulen adalah dengan menyemprotkan air ke arah batang atau daunnya, bukan dengan menyiramkan langsung ke tanah. Menyiramkan langsung ke tanah akan membuat kandungan air meningkat sehingga akar dan batangnya mudah membusuk. Semprotkan air dengan debit kecil ke daunnya lalu biarkan air diserap daun, mengering, atau menguap dengan sendirinya. Jangan sampai tanah menjadi basah.

cara merawat sukulen(Menyiram sukulen dengan cara disemprot untuk membuat daun dan akarnya tidak kekeringan. Sumber foto: aliexpress.com)

Cara memilih dan menata sukulen untuk dekorasi interior

Banyak orang ingin mengombinasikan berbagai jenis warna sukulen dalam pot. Memang ini terlihat sangat cantik. Namun, karena sukulen selain warna hijau kurang tumbuh baik di area indoor, sebaiknya hindari kombinasi ini. Kombinasi yang disarankan adalah memilih sukulen warna hijau dari berbagai bentuk. Bisa dari aloe vera, manik-manik mutiara, manik-manik pisang, kaktus pensil, atau jenis lain yang disarankan. Kombinasikan 2 jenis sukulen hijau untuk pot kecil, atau minimal 3 jenis sukulen hijau untuk pot yang agak besar.

cara merawat sukulen(Pot unik berbentuk cangkir untuk sukulen. Sumber foto: diy-gardensupplies.com)
cara merawat sukulen(Kombinasi berbangai bentuk sukulen sebagai variasi tanaman indoor. Sumber foto: room-decorating-ideas.com)

Agar sukulen di dalam ruangan terlihat lebih berwarna dan menarik, gunakan pot tanaman dengan bentuk unik. Tren sukulen dalam pot unik sedang happening. Saat ini tersedia banyak sekali pot dengan bentuk yang lucu-lucu, misalnya bentuk binatang, bentuk cangkir, bentuk teko, bentuk kepala boneka, atau bentuk lain dengan warna-warna yang cerah. Jangan gunakan pot plastik warna hitam yang sudah terlalu kuno.

Cara merawat sukulen dengan penyinaran

Meski bisa tumbuh di dalam ruangan, jangan abaikan pentingnya sinar matahari langsung untuk sukulen ini. Untuk sukulen yang diletakkan dekat jendela, sehari sekali buka jendela tersebut agar sukulen Anda mendapat limpahan cahaya matahari. Untuk sukulen yang agak jauh dari jendela, pastikan Anda menjemurnya paling tidakĀ  hari sekali. Cara merawat sukulen ini wajib dilakukan jika ingin tanaman sukulen Anda tetap tumbuh sehat dan cantik. Yang paling penting, jangan lupa memberikan pupuk khusus sukulen setiap sebulan sekali, untuk menjaga ukuran dan bentuk daunnya agar tetap subur.

cara merawat sukulen(sukulen indoor perlu terpapar sinar matahari langsung dan dijemur sesekali. Sumber foto: blog.westelm.com)

Cara merawat sukulen tidak terlalu sulit, kalau Anda memahami caranya sejak awal. Pilih penjual yang mau membagi wawasan tentang sukulen yang dijualnya, sehingga sukulen Anda tidak hanya cantik saat dibeli, tapi juga tetap cantik setelah dibawa ke rumah. Lebih penting lagi, konsultasikan desain dan dekorasi interior dnegan para home-professional di Rooang.com untuk mendapatkan penataan interior terbaik.

 

2 COMMENTS