Dekorasi Skylight Blind, Solusi Atap Mewah Dijamin Wah!

skylight blind untuk area outdoor

Rooang.com | Skylight blind adalah korden untuk langit-langit. Dengan dekorasi skylight blind ini, langit-langit bisa dibuka, sehingga terlihat pemandangan langit yang indah. Belum banyak orang yang menggunakan ‘korden’ tak biasa ini, apalagi di Indonesia. Padahal, dengan menggunakannya, ruang santai, resto, kantor, atau kafe akan terlihat lebih mewah dan berkelas.

dekorasi skylight blind(Dekorasi skylight blind membuat rumah terlihat lebih mewah dan berkelas. Sumber foto: betterlivingsunrooms.com)

Desain dekorasi skylight blind

Desain dan model skylight blind sangat bervariasi. Bisa dibuat seperti roller blind pada umumnya, roman blind, pleated blind, atau atap lipat geser Lovera. Semuanya menggunakan sistem mekanik yang terhubung dengan listrik dan memerlukan remot untuk mengoperasikannya. Roller blind dan roman blind memiliki desain seperti korden modern pada umumnya. Skylight roller blind menggunakan mekanik roller dengan kain tanpa profil atau lipatan, sehingga saat terbuka akan langsung tergulung seperti roller blind umumnya. Sementara skylight roman blind memiliki bentuk berlipat-lipat. Saat tertutup, lipatan akan kurang terlihat. Saat terbuka, kain akan terlipat rapi dan bergeser ke pusat mekanik. Kedua jenis ini berbahan dasar material sejenis kain yang cukup tebal. Sedangkan atap lovera terbuat dari batang alumunium pipih memanjang dengan desain menyerupai kerai kayu. Mekanisme buka tutupnya pun sama, bisa dengan membuka kerainya saja, atau digeser sekalian untuk bukaan total.

dekorasi skylight blind(skylight blind berbahan alumunium digunakan untuk tampias matahari saat siang. Sumber foto: ozsun.com.au)
dekorasi skylight blind(Pergola yang ditutupi skylight roman shade untuk mengurangi sinar matahari. Sumber foto: archiexpo.com)

Motif dan bahan dekorasi skylight blind

Warna dan motif skylight blind bervariasi, tergantung tipe dan material yang digunakan. Terutama untuk roller blind, ada banyak sekali motifnya. Saat ke toko untuk memesan, pilih material yang kuat namun tidak terlalu berat, sehingga tidak membebani alat dan bisa lebih awet. Untuk skylight blind outdoor yang tidak dilapisi lagi dengan kaca atau akrilik, gunakan bahan yang tahan terhadap jamur, air, dan panas matahari.

dekorasi skylight blind(Skylight roller blind memiliki banyak ragam motif dan warna yang bisa disesuaikan dengan tema ruangan. Sumber foto: archiproducts.com)

Cara merawat dan membersihkan skylight blind

Dekorasi skylight blind begitu mewah dan menggiurkan. Tapi, ada sedikit masalah pada cara membersihkannya. Karena letaknya di tempat tinggi, diperluka steger atau tangga A. Bersihkan dengan vacuum cleaner secara rutin. Untuk bahan yang rentan air dan mudah menjamur, jangan sampai dilap dengan kain basah.

dekorasi skylight blind(Skylight blind yang dilindungi dengan sekat kaca untuk meminimalisasi kotoran dan debu. Sumber foto: archiproducts.com)

Trik yang wajib dilakukan saat membeli

Trik yang wajib dilakukan sebelum memilih dekorasi skylight blind ini adalah Anda harus menanyakan pada penjual cara memasang dan melepas kain, untuk dibersihkan bagian atasnya. Tanyakan juga kerusakan kecil yang biasa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Pastikan Anda membeli skylight blind pada produsen yang memberikan garansi alat dan servis, dan simpan kartu servis tersebut. Jika ada, mintalah contoh produk yang ada di showroom dan mencobanya. Tanyakan juga berapa biaya servis jika terjadi kerusakan.

skylight blind untuk area outdoor(Mengetahui ketentuan garansi dan cara memperbaiki kerusakan ringan sangat penting saat membeli skylight blind. sumber foto: qraved.com)

Dekorasi skylight blind dengan atau tanpa atap

Untuk dekorasi skylight blind jenis roller atau roman blind, angat disarankan untuk tetap memasang atap kaca akrilik di atasnya, untuk melindunginya dari panas, debu, dan air hujan. Restoran outdoor dengan atap roman blind memang sangat keren dan classy. Tapi kalau sulit dibersihkan, maka akan mudah rusak dan Anda harus menanggung kerugiannya.

skylight roman blind(Sebuah rumah makan mewah di Jakrta yang menggunakan skylight blind dengan lapisan kaca akrilik di atasnya. sumber foto: asia-bars.com)

Harga skylight blind

Jujur saja, kalau soal harga, tirai yang satu ini memang jenis yang paling mahal. Alat remotnya saja bisa sampai jutaan/set, belum termasuk harga kain tirai, mekanis, dan sparepart tambahan yang diperlukan selama pemasangan. Jadi pastikan Anda sudah menghitung untung-ruginya jika memilih dekorasi skylight blind ini untuk di resort, hotel, atau restoran.

Sudah cukup jelas bukan tentang dekorasi skylight blind ini? Jika masih bingung, segera hubungi home-professional dari Rooang.com untuk mendapatkan solusi terbaik untuk hunian dan bangunan komersil Anda.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX