Desain Kantor Playful dan Homey agar Kerja Lebih Semangat

desain-kantor-playful-5

Rooang.com | Kalau kita melihat-lihat rupa kantor Facebook atau kantor Google, pasti akan langsung iri. Kedua perusahaan ini punya kantor yang super playful, seru, dan pastinya menyenangkan. Masuk ke bangunan kantor malah rasanya seperti masuk ke taman bermain. Ya, desain kantor playful memang sedang jadi tren interior kantor beberapa tahun belakangan. Kalau Anda hendak membangun kantor juga untuk bisnis yang sedang berjalan, sangat disarankan untuk membuat interior yang playful seperti kantor Facebook atau Google.

desain kantor playful(Interior kantor yang nyaman akan meningkatkan semangat kerja tim Anda. Sumber foto: officelovin.com)
  • Jangan ragu gunakan aneka warna

Sudah banyak sekali penelitian yang menjelaskan bahwa warna bisa memengaruhi mood seseorang. Kombinasi warna yang menarik dan sesuai komposisi akan membuat otak terasa lebih segar. Bekerja pun bisa lebih senang dan santai, meksipun banyak deadline mengantri. Jadi, jangan ragu gunakan banyak warna pada interior ruangan kantor. Penggunaan warna berbeda bisa dengan kursi-kursi dengan warna berbeda, motif cat di dinding, karpet, atau warna pintu yang tidak sama antara satu dengan lainnya. Tapi, selalu perhatikan proporsinya, agar ruangan kantor tidak terlihat norak dan terlalu vibran.

desain kantor playful(Warna-warna cerah ceria untuk kursi, karpet, dan langit-langit yang diatur secara proporsional di antara dominasi warna abu-abu netral. Sumber foto: interiordesign.net)

  • Desain kantor playful punya banyak desain pintu

Ada banyak sekali desain pintu. Pintu kantor pun tidak harus terbuat dari kaca polos yang desainnya itu-itu saja. Buatlah pintu kantor dengan desain ala pintu rumah Perancis, pintu dobel atas bawah, barn door, atau pintu kayu lainnya. Anda juga bisa menggunakan warna-warna yang berbeda untuk setiap pintu, sehingga ruangan lebih ceria.

desain kantor playful(Aneka jenis pintu untuk setiap ruangan di kantor, sesuai bidang atau departemen masing-masing. Sumber foto: decorilla.com)
  • Desain kantor playful dilengkapi mainan dan alat olahraga

Karyawan pasti sering merasa jenuh saat terus-menerus bekerja dan melakukan hal yang sama setiap hari. agar kinerja mereka tetap maksimal, pikiran perlu disegarkan kembali. Letakkan beberapa mainan pengasah otak seperti papan dan bidak catur, meja biliard, atau puzzle untuk orang dewasa. Sementara, untuk meregangkan otot-ototnya, sediakan beberapa exercise ball, meja pingpong, atau trampolin.

desain kantor playful(Sebuah playroom di kantor yang dilengkapi alat permainan soccer table untuk menyegarkan pikiran para staf. Sumber foto: glubdubs.com)

  • Miliki tempat duduk yang nyaman

Tempat duduk di kantor tidak hanya berupa sofa dan kursi kerja yang formal. Sofa couch, kursi goyang, ottoman, hammock, bean bag chair, dan kursi gantung pun merupakan pilihan tempat duduk yang tidak kalah nyaman, terutama untuk bersantai dan mencari inspirasi.

desain kantor playful(Beragam desain kursi yang nyaman untuk mengeksplorasi ide selama berada di kantor. Sumber foto: idesignarch.com)
  • Perkaya dengan motif yang segar

Hindari membuat ruangan tanpa motif apapun. Jangan sampai kantor tempat orang seharusnya berpikir dengan jernih dan melahirkan ide untuk mengembangkan perusahaan, malah dibuat plain tanpa motif yang segar dan menarik. Motif bisa diberikan dengan beragam bentuk, misalnya mural kontemporer di dinding interior atau furnitur berbentuk unik.

desain kantor playful(Aneka motif pada karpet dan sofa di ruang tengah yang bisa digunakan untuk meeting semi-formal. Sumber foto: pinterest.com)

  • Jangan lupa profil perusahaan

Tunjukkan jati diri perusahaan melalui interior kantor. Misalnya jika bisnis Anda adalah agen properti, maka mural bergambar gedung bertingkat warna-warni akan sesuai dengan profil perusahaan. Untuk perusahaan online shop pakaian wanita, manekin dengan kostum unik dan stiker kaca bergambar pakaian akan terlihat sangat menarik.

desain kantor playful 8(Desain kantor dilengkapi perabot unik dan instalasi yang melambangkan kreativitas. Sumber foto: dailymail.co.uk)
  • Desain kantor yang memiliki taman

Entah itu di luar maupun di dalam ruangan, keberadaan taman sangatlah penting. Studi menunjukkan bahwa kedekatan dengan tumbuhan dan alam bisa mengurangi resiko stress dan depresi.

desain kantor playful(Taman indoor dengan planter terbuat dari peti palet dicat warna-warni untuk desain kantor playful yang nyaman. Sumber foto: avso.org)

Sekilas, desain kantor playful memang terlihat mahal. Namun sebenarnya bisa disiasati dengan desain yang kreatif dan penggunaan material bekas yang masih bisa dipakai. Hubungi interior designer profesional dari Rooang.com, untuk merancang desain kantor playful. Kalau kantornya nyaman, karyawan pun akan lebih semangat bekerja, bukan?

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX