Kesalahan Mengecat Furnitur Terparah yang Tidak Boleh Anda Lakukan

kesalahan mengecat furnitur

Rooang.com | Kalau furnitur sudah mulai kusam dan warnanya tidak menarik lagi, maka tentu harus dicat ulang. Ada banyak sekali cara mengecat furnitur lama, bahkan bisa disesuaikan dengan konsep interior yang diusung. Misalnya mengecat furnitur shabby chic, harus mengikuti cara tertentu untuk menghasilkan efek shabby nan cantik. Tapi, jangan sampai Anda melakukan kesalahan mengecat furnitur berikut ini.

kesalahan mengecat furnitur(Furnitur akan tampak indah jika proses pengecatan dilakukan dengan benar tanpa melakukan kesalahan, serta sesuai dengan konsep interior. Sumber foto: hgtv.com)

Kesalahan mengecat furnitur #1 Tidak membersihkan sisa cat lama

Kesalahan ini sering sekali dilakukan, entah karena malas atau ketidaktahuan cara mengecat ulang dengan benar. Tahukah Anda, cat lama yang sudah rusak dan mulai mengelupas, akan membuat cat baru nanti mudah mengelupas juga. Kualitas buruk cat lama akan memengaruhi tampilan cat yang baru nantinya. Jadi sebelum mulai mengecat, sisa cat lama yang sudah jelek ini harus dihilangkan dengan cara diamplas. Tapi juga jangan sampai mengamplas terlalu dalam dan merusak material furnitur. Kalau sudah diamplas, cat dasar dan cat finish nanti akan terlihat lebih bagus.

kesalahan mengecat furnitur(Sisa cat lama harus dibersihkan sebelum Anda mengecat ulang. Sumber foto: honeysweethome.blogspot.com)

Kesalahan mengecat furnitur #2 tidak membersihkan kotoran

Furnitur yang telah dipakai sejak lama tentu memiliki banyak kotoran misalnya minyak dan debu. Sayangnya, banyak orang mengabaikan kondisi ini dan langsung memoleskan cat pada permukaan furnitur. Hal ini justru akan mengurangi kualitas hasil pengecatan. Karenanya, jangan lupa bersihkan furnitur dari debu. Setelah diamplas, bersihkan sisa-sisa debu dengan lap bersih yang agak basah.

kesalahan mengecat furnitur(Sebelum mulai mengaplikasikan cat, furnitur harus dibersihkan dulu dari sisa cat maupun kotoran dan debu lainnya. Sumber foto: countryliving.net)

Kesalahan mengecat furnitur #3 Mengabaikan cat dasar

Tahukah Anda bahwa produsen cat juga memproduksi cat dasar? Cat dasar ini berguna untuk membuat cat finish lebih rekat dan memiliki tampilan warna yang benar-benar bagus. Tidak menggunakan cat dasar berarti Anda sudah selangkah melakukan kesalahan dan membiarkan hasilnya nanti tidak maksimal. Kalau hasilnya tidak maksimal, maka akan sia-sia saja Anda mengecat.

kesalahan mengecat furnitur(Pengaplikasian cat dasar sangat penting untuk membuat warna cat lebih cemerlang. Sumber foto: blog.homedepot.com)

Kesalahan mengecat furnitur #4 Mengabaikan petunjuk pengecatan

Dalam setiap kemasan cat, selalu ada petunjuk penggunaan. Isinya tahapan pengecatan, peringatan penyimpanan, dan komposisi pengenceran. Sayangnya, sebagian orang masih mengabaikan tulisan yang tertera di kemasan ini. Akhirnya pengenceran pun dilakukan menurut kira. Selain itu, jarak waktu antara pengecatan pertama dengan kedua pun hanya kira-kira. Hal ini berakibat kualitas hasil pengecatan akan berkurang. Jangan sampai terlalu banyak pengencer dan malah membuat warna tidak cemerlang.

kesalahan mengecat furnitur(Di dalam setiap kemasan cat, selalu tertera petunjuk pemakaian dan komposisi pengenceran yang tidak boleh diabaikan. Sumber foto: settingforfour.com)

Apakah Anda masih melakukan kesalahan di atas? Agar hasil interior dan eksterior rumah lebih baik, jangan segan menyerahkan semua urusan tersebut pada para home-professional dari Rooang.com.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX