rumah-dari-sampah-5

 Rooang.com | Pernah ada pengusaha yang mengatakan bahwa kredit rumah adalah utang terbesar dalam hidup seseorang. Tidak pernah ada yang membeli kendaraan lebih mahal dari rumahnya, apalagi secara kredit. Lazimnya, setiap orang pasti menginginkan yang terbaik untuk rumahnya. Mulai dari pemilihan material, desain, pengerjaan, finishing, dan dekorasinya. Furnitur yang dibeli pun kalau bisa yang benar-benar berkualitas tinggi. Tapi, apa jadinya kalau ada yang membangun rumah dari sampah?

rumah dari sampah(Rumah minimalis modern yang didominasi warna hitam dan putih ini dibangun dari sampah kontainer bekas. Sumber foto: pinterest.com)

Buang jauh-jauh imajinasi Anda tentang rumah di daerah kumuh di area tempat pembuangan sampah. Buang juga bayangan tentang rumah yang desainnya jelek karena dibangun dari sampah. 7 rumah ini membuktikan bahwa rumah dari sampah pun bisa jadi keren, tidak kalah oke dengan rumah yang dirancang oleh arsitek dan interior designer.

Rumah dari sampah dan tulang binatang di Texas

Seorang pengembang dari Texas, Dan Philip, berusaha membuktikan bahwa rumah dengan desain yang menarik dan harga yang terjangkau bukanlah hal mustahil. Perusahaannya kemudian membuat proyek membangun rumah dari material yang sudah dibuang, seperti keramik pecah, cermin bekas, dan bahkan tulang dari peternakan sekitar. Hasilnya tidaklah buruk. Bahkan bisa dibilang sangat keren untuk sesuatu yang dibangun dari sampah.

Tulang-tulang binatang biasanya digunakan untuk aksesori rumah, misalnya kursi, handle pintu, dan aksesori meja. Salah satu rumah hasil karya Dan yang cukup eksentrik dengan banyak aksesori tulang binatang akhirnya menarik perhatian seorang seniman, yang menyewanya dengan tarif terjangkau.

Selain tulang binatang, dekorasi yang menarik dari karya Dan Philip adalah pelat rambu lalu lintas yang sudah rusak tak terpakai. Rupanya, pelat ini bisa jadi hiasan dinding yang sangat unik dan menarik. Mirip seperti dekorasi kafe bergaya industrial yang menggunakan hiasan dinding pelat kendaraan.

rumah dari sampah(Salah satu rumah karya Dan Philip yang dibangun dari material bekas tak terpakai. Sumber foto: countryliving.com)

Rumah dari sampah berukuran mini

Seorang desainer dari Perancis, Lespagnard, adalah orang yang suka sekali mendaur ulang segala sesuatu. Lalu bersama seorang seniman, ia membangun rumah kecil bertingkat berukuran 5×5 meter. strukturnya terbuat dari kayu bekas pakai, barang-barang lawas, dan benda lainnya.

rumahd ari sampah(Rumah berdinding kayu yang didesain oleh desainer pecinta daur ulang, Lespagnard. Sumber foto: bitrebels.com)
rumah dari sampah(Rumah karya desainer Lespagnard dilihat dari atas, terdapat pohon di dalamnya. Sumber foto: pinterest.com)

Rumah dari sampah di Jepang

Rumah ini sebenarnya dibangun oleh kru TV untuk keperluan shooting serial TV. Serial tersebut berkisah tentang seseorang yang tidak mau membuang barang bekas pakai, karena yankin bahwa suatu saat pasti akan dibutuhkan. Lalu mereka membangun rumah dari sampah ini sebagai seting lokasinya. Hasilnya sangat menarik. Terlihat normal seperti rumah-rumah pada umumnya. Yang unik, di bagian belakang terlihat ada potongan bus sebagai pengganti dinding. Setelah serial TV tersebut berakhir, kini rumah itu jadi objek wisata.

rumah dari sampah(Rumah dari sampah yang dibangun kru TV terlihat seperti rumah ‘norma’ lainnya. Sumber foto: theflyingturtoise.blogspot.com)

Rumah dari sampah kontainer

Seperti yang Anda ketahui, kontainer tengah menjadi primadona di antara material bangunan unik lainnya. Belakangan, arsitektur dari kontainer banyak dibangun, terutama untuk kebutuhan komersial. Seorang seniman bernama Julio Garcia pun memilih kontainer sebagai bahan utama untuk membangun rumahnya yang terletak di Savannah, AS. Dengan tambahan dek kayu di depan, 2 kontainer disulap jadi rumah cantik bergaya minimalis.

rumah dari sampah(Rumah Julio Garcia dibangun dari 2 buah kontainer warna biru dan dilengkapi dek kayu. Sumber foto: countryliving.com)

Percaya, kan, rumah tidak harus mahal dengan material yang harganya selangit. Dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah ada pun kita tetap bisa memiliki rumah cantik. Sudahkah Anda memiliki desain rumah impian dengan harga terjangkau? Jika belum, jangan lupa hubungi arsitek terbaik dari Rooang.com.

0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5


Loading…

SHARE YOUR LIFE TIPS!

Kamu punya konten yang menarik mengenai ruangmu, tempat tinggalmu, atau kehidupanmu? Share di Rooang.com, dan biarkan karyamu menginspirasi para pembaca di seluruh Indonesia!