Serba-Serbi Menghias Rumah dengan Bambu

modern-interior-with-bamboo

Rooang.com | Isu pemanasan global dan pencegahan penebangan liar kian marak didengungkan di telinga kita. Apalagi Indonesia sebagai negeri beriklim tropis yang juga turut berperan sebagai paru-paru dunia. Namun apa daya jika penduduknya tidak, atau kurang ramah dengan lingkungan? Misalnya saja, kurang dapat menggunakan material-material alternatif, seperti bambu. Agar lebih mahir dan terampil memanfaatkan bambu, simak tip serba-serbi menghias rumah dengan bambu ala redaksi Rooang berikut ini.

(Furnitur dari bambu yang dikemas lebih modern. Sumber foto: contemporist.com)

Bambu memang identik dengan material tradisional yang kurang modern. Mungkin ini salah satu hal yang membuat banyak orang ‘kekinian’ yang ogah memakai bambu. Tapi di tangan sang otak kreatif, bambu bisa disulap jadi furnitur dan hissan dekoratif yang tak kalah kece. Hasilnya? Mengagumkan!

Cermin dekoratif

(Cermin berdesain modern berbentuk matahari. Sumber foto: savvydesignwest.com)

Cermin di atas tidak terlihat seperti berasal dari material bambu. Sebab bambu yang disusun seperti bentuk matahari dan dicat dengan warna emas tersebut terlihat modern dan berkelas.

(Cermin berbingkai bambu di kamar mandi. Sumber foto: pinterest.com)

Cermin berbingkai bambu yang diberi cat dan furnish bisa menjadi hiasan dekoratif etnik modern.

Rak handuk

(Rak handuk dari bambu berdesain minimalis. Sumber foto: pinterest.com)

Walaupun berbentuk sederhana, rak handuk yang terbuat dari bambu seperti pada gambar di atas tidak terlihat kuno, kok. Desainnya yang minimalis, menyatu dengan gaya interior modern minimalis.

Pot tanaman

(Pot bunga dari bambu. Sumber foto: pinterest.com)

Seperti yang kita tahu, bambu memiliki ruas-ruas dengan ujung yang tertutup. Ujungnya yang tertutup dapat dimanfaatkan sebagai media tanam alamiah. Hanya perlu ketangkasan dan keterampilan, maka jadilah pot tanaman dari bambu.

Rak serbaguna

(Ruas-ruas bambu sebagai penyangga papan rak. Sumber foto: pinterest.com)

Rak serbaguna yang unik bisa didapatkan dari bambu. Papan kayu yang disusun dengan penyangga berupa ruas-ruas bambu terlihat modern namun tetap ada nuansa artistik dan unik.

Partisi ruangan

(Partisi atau penyekat ruangan di dalam kamar tidur. Sumber foto: pinterest.com)

Serba-serbi dekorasi hunian dari bambu berikutnya atalha partisi atau penyekat ruangan. Bila biasanya partisi berasal dari bambu yang dianyam, namun pada gambar di atas bambu dibuat utuh dan sengaja disusun tak beraturan. Tambahkan lampu berwarna kuning di bagian bawah untuk menciptakan efek dan suasana yang dramatis.

Aksen dinding dan atap

(Dinding kamar mandi yang bertekstur bambu. Sumber foto: pinterest.com)

Tekstur bambu pada dinding kamar mandi hanya dibuat sebagian saja, tidak seluruhnya. Aksen dinding ini pun sukses menjadi focal point pada kamar mandi bergaya etnik modern tersebut.

(Inspirasi desain atap dari bambu. Sumber foto: pinterest.com)

Atap yang ramah lingkungan, dan tentunya cocok untuk daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, atap dari bambu jawabannya. Tak perlu khawatir akan ketahanan dan kekuatan atap bambu ini, karena dengan teknologi yang canggih bambu dapat diawetkan dan tentu menjadi tahan lama.

#DESIGNYOURSPACE

START A PROJECT

GET OUR BEST IN YOUR INBOX