1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5
Loading...
tanaman-indoor-6

Rooang.com | Salah satu kebutuhan utama tanaman adalah cahaya yang cukup untuk melakukan fotosintesis. Tapi apa jadinya jika kita ingin meletakkan tanaman di dalam rumah sebagai bagian dekorasi? Sebagian tanaman mutlak membutuhkan cahaya matahari yang melimpah, seperti perawatan sukulen indoor dan jenis tanaman sedum. Meski begitu, masih ada alternatif tanaman indoor untuk Anda yang ingin memiliki nuansa segar dan hidup di dalam ruangan.

tanaman indoor(Aneka tanaman untuk interior rumah yang lebih segar dan sejuk. Sumber foto: housebeautiful.com)

Sebagian tanaman indoor masih bisa menoleransi cahaya yang minim di dalam ruangan dan suhu kamar. Tanaman-tanaman ini sangat cocok, dan beruntungnya, jenis ini sudah kerap kita jumpai.

Tanaman indoor kalatea

Genus kalatea terdiri atas beberapa spesies. Jenis tanaman ini memiliki daun yang cukup lebar dengan dominasi warna hijau tua dan hijau muda, meskipun ada juga yang memiliki sedikit corak kemerahan. Motifnya yang cantik cocok untuk semua ruangan, terutama rumah bergaya minimalis atau Skandinavia modern yang didominasi warna netral putih. Jauhkan tanaman ini dari terlalu banyak sinar matahari karena bisa memudarkan warna indahnya.

tanaman indoor katalea(Katalea yang bagian bawahnya berwarna ungu. Sumber foto: housebeautiful.com)

Tanaman indoor Dieffenbachia

Dieffenbachia biasa disebut juga dengan tanaman bahagia. Unik sekali ya, namanya? Tanaman bahagia ini sempat booming beberapa waktu lalu sempat heboh di media sosial dan situs-situs portal berita online, karena konon mengandung racun kalau di makan. Kalau dipikir-pikir lagi, siapa juga yang akan melahap tanaman hias ini? Tanaman bahagia merupakan jenis tumbuhan yang banyak terdapat di halaman rumah orang Indonesia. Sebagai hiasan interior rumah, letakkan tumbuhan ini di pot bunga dari rotan berwarna polos yang cantik. Peletakan yang tepat adalah di dekat jendela, tidak terkena sinar matahari langsung, tetapi juga tidak kekurangan cahaya.

tanaman bahagia(Tanaman bahagia yang terlihat subur dan lebat ditanam di belakang jendela. Sumber foto: ehow.com)

Tanaman indoor Dracaena

Tanaman ini termasuk dalam genus Suji. Daun-daunnya ramping memanjang dan runcing di ujung. Bentuk daunnya seperti rambut mohawk, akan sangat cantik kalau diletakkan dalam pot berbentuk kepala binatang atau tengkorak. Jenis ini bisa tumbuh agak tinggi. Kalau sudah mulai tinggi, pindahkan ke pot yang lebih besar. Sinar matahari langsung bisa merusak daunnya. Letakkan di tepi jendela sebentar saja, lalu kembalikan ke tempat yang lebih teduh di dalam rumah.

dracaena(Dracaena bisa tumbuh tinggi sehingga membutuhkan pot yang agak besar. Sumber foto: pinterest.com)

Lili Paris

Lili Paris adalah jenis tanaman indoor menyerupai rumput. Jenis ini bisa diletakkan di atas meja kerja, rak, ambalan, meja ruang tamu, maupun digantung. Lili Paris bisa tumbuh dengan lebat dan sangat baik jika berada di tempat dengan cahaya matahari tidak langsung. Cocok sekali digantung dekat jendela kamar atau dapur.

tanaman indoor(Lili Paris di dalam pot berbentuk teko di atas buku-buku jadul. Sumber foto: littlecofootprints.com)

Philondendron

Philodendron merupakan salah satu tanaman berdaun lebar yang cocok berada dalam ruangan. Daunnya berbentuk hati dan bila sudah dewasa akan muncul lubang-lubang yang menjadi ciri khasnya. Tanaman ini juga sangat cocok untuk melengkapi vas bunga potong bersama bunga krisan dan mawar. Pemangkasan secara rutin wajib dilakukan untuk mencegah cabangnya tumbuh semakin panjang dan tidak rapi.

tanaman indoor(Philodendron dalam pot vintage, cocok untuk rumah bergaya shabby chic. Sumber foto: pistilsnursery.com)

Tanaman indoor bromelia

Bromelia memiliki ribuan spesies. Ciri utamanya adalah daun-daun meruncing. Daun-daun yang masih muda dan bunganya berwarna merah, kuning, oranye, atau merah muda cerah, sehingga menampilkan kombinasi warna yang menarik. Tanaman ini bisa hidup di tempat yang lembab seperti dapur dan kamar mandi. Jadi jika ingin kamar mandi Anda lebih segar dengan tanaman indoor, maka bromelia ini pilihan yang tepat.

bromelia(Aneka jenis bromelia dalam satu pot besar menghasilkan kombinasi warna yang sangat cantik. Sumber foto: pinterest.com)

Lili perdamaian

Namanya unik, ya? Lili perdamaian juga termasuk tanaman berbunga yang cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Bunga putih ini sangat cocok untuk mereka yang kerap lupa menyiram tanaman. Seberum menyiram ulang, pastikan tanahnya sudah cukup kering untuk disiram.

lili perdamaian(Lili perdamaian di dalam vas kecil berukir malaikat. Sumber foto: givingplants.com)

Tanaman indoor sri rejeki

Sri rejeki merupakan salah satu jenis tumbuhan indoor yang paling ‘tahan banting’, karena bisa tumbuh dengan baik di tempat yang snagat minim cahaya. Memupuknya pun cukup satu atau dua kali dalam setahun. Jadi sangat pas untuk Anda yang pemula dalam dunia berkebun.

tanaman sri rejeki(Daun sri rejeki di dalam vas minimalis dengan latar dinding bata ekspos modern. Sumber foto: frankieflowers.com)

Lidah mertua

Tanaman lidah mertua cukup populer. Di halaman, lidah mertua ini bisa jadi border yang cantik untuk membatasi jalan setapak dengan area berumput. Ternyata lidah mertua juga tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Pada dasarnya, lidah mertua merupakan jenis tanaman sukulen indoor, sukulen yang bisa hidup di dalam maupun luar ruangan. Di luar, cahaya matahari akan membantunya tumbuh cepat dan lebat. Meski demikian, lidah mertua bisa menoleransi ruangan redup dengan baik. Untuk perawatannya, jangan sampai akar membusuk karena terlalu sering disiram.

tanaman indoor (Tanaman lidah mertua ternyata juga cocok untuk diletakkan di atas meja ruang tamu. Sumber foto: khansdesserts.com)

Sudah menemukan tanaman indoor yang tepat untuk interior rumah? Agar tidak salah pilih dalam menata interior, konsiltasi dengan interior designer dari Rooang.com sangat disarankan.